SMA Petra 1 dan SMA Gloria 1 ke Final Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur

Minggu, 5 Maret 2023 23:01 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Red Bull Indonesia
Pertandingan bola basket Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur pada hari kedua, Minggu (05/03/23) berjalan sengit sejak awal. Copyright: © Red Bull Indonesia
Pertandingan bola basket Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur pada hari kedua, Minggu (05/03/23) berjalan sengit sejak awal.

INDOSPORT.COM - Pertandingan bola basket Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur pada hari kedua, Minggu (05/03/23) berjalan sengit sejak awal.

Delapan tim yang meraih kemenangan di hari pertama, kini diadu kembali untuk merebut tiket semifinal dan final Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur.

Di babak perempatfinal, ada laga SMKN 2 Surabaya vs SMAN 5 Surabaya, SMAN 21 Surabaya vs SMA Petra 1 Surabaya, SMAN 1 Puri Mojokerto vs SMA Xin Zong Surabaya, dan terakhir SMA Gloria 1 Surabaya vs SMAN 2 Surabaya.

Sama seperti hari sebelumnya, pertandingan bola basket Red Bull Basketball Championship 2023 seri Surabaya pada hari kedua juga berlangsung sangat seru.

Salah satunya pada pertandingan antara tim SMKN 2 Surabaya vs SMAN 5 Surabaya yang berakhir dengan skor 47-46.

Ketatnya perolehan skor ini sudah terlihat sejak awal, dimana untuk bisa mendapatkan poin pertama memerlukan waktu kurang lebih tujuh menit.

M. Zainudin Yusuf pelatih SMKN 2 Surabaya, mengungkapkan bahwa ada keajaiban di balik kemenangan timnya, lantaran dalam kondisi yang kurang maksimal.

“Motivasinya lebih sabar lagi karena kita kondisinya terbatas, biasanya 12. Sekarang kita kehilangan tiga pemain,” jelas Yusuf saat ditemui awak INDOSPORT.

Meskipun kurang maksimal, pemainnya bermain maksimal dan mampu memenangkan pertandingan dengan selisih setengah poin.

Sementara itu kapten SMKN 2 Surabaya, Reisya Feren mengungkapkan timnya pada awal pertandingan sempat nervous. Beruntung hal itu segera teratasi.

“Kami nervous karena lelah, mungkin istirahatnya kurang. Tapi kami saling menguatkan dan memotivasi,” katanya.

Selanjutnya SMA Petra 1 Surabaya sukses menang elak 53-29 atas lawannya, SMAN 21 Surabaya. Sementara SMA Xin Zhong Surabaya harus pulang lantaran takluk 28-48 dari SMAN 1 Puri Mojokerto.

Terakhir, laga pamungkas perempatfinal Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur ditutup kemenangan SMAK Gloria 1 Surabaya as SMAN 2 Surabaya dengan skor 69-55.

4 tim sukses merebut tiket semifinal, yakni SMKN 2 Surabaya, SMA Petra 1 Surabaya, SMAN 1 Puri Mojokerto, dan SMAK Gloria Surabaya. Keempat tim pun langsung menggelar laga semifinal.

Di partai semifinal, SMA Petra 1 Surabaya berhadapan dengan SMKN 2 Surabaya yang berakhir dengan skor 41-32. Sementara SMA Gloria 1 Surabaya menang telak 61-20 dari SMAN 1 Puri Mojokerto.

Dengan hasil tersebut, sudah didapati dua kontestan final Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur, yakni SMA Petra 1 Surabaya dan SMA Gloria 1 Surabaya.

Promotion Manager PT Asia Health Energi Beverages (AHEB), Sigid HS mengatakan nantinya, pemenang Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur ini berkesempatan merebut Piala Menpora menghadapi juara dari provinsi lain.

“Lebih penting lagi pemain mendapatkan sertifikat dari Kemenpora yang bisa memberikan mereka prestasi lagi,” ujar Sigid saat ditemui INDOSPORT.

“Event ini menjadi ajang sportif yang lebih tinggi lagi mencari bakat-bakat mereka ke jenjang lebih atas,” lanjutnya.

Sekadar informasi, nantinya partai final Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur akan digelar pada Senin (06/03/23) di GOR UNESA Surabaya.