SMA Trinitas dan SMAN 2 Bandung ke Final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat

Minggu, 19 Maret 2023 22:54 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung melangkah ke final turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung melangkah ke final turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat.

INDOSPORT.COM - SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung melangkah ke final turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, yang akan berlangsung di GOR Laga Tangkas, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (20/03/23).

Setelah menggelar 8 pertandingan pada Sabtu (18/03/23) kemarin, turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Barat kembali berlanjut pada Minggu (19/03/23).

Pada babak 8 besar Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, empat pertandingan digelar yakni SMAN 1 Bandung vs SMKN 2 Bandung, SMAN 1 Baleendah vs SMAN 2 Bandung, SMA Trinitas vs SMAN 1 Rancaekek dan SMAN 2 Cianjur vs SMA Kuntum Cemerlang Bandung.

Sama seperti hari sebelumnya, pertandingan bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat pada hari kedua, berlangsung ketat dan menarik. Pasalnya, mereka berjuang untuk dapat lolos ke babak selanjutnya.

Pada pertandingan pembuka babak 8 besar Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, SMAN 1 Bandung berhasil meraih kemenangan dengan skor 47-25 atas SMKN 2 Bandung. 

Kemudian pada game kedua, SMAN 1 Baleendah harus mengakui keunggulan SMAN 2 Bandung dengan skor 25-37. Sedangkan di pertandingan ketiga, SMA Trinitas Bandung unggul meyakinkan 76-22 atas SMAN 1 Rancaekek.

Sedangkan game pamungkas babak 8 besar Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, SMAN 2 Cianjur harus mengakui keunggulan SMA Kuntum Cemerlang Bandung 15-47.

Dengan demikian, empat tim memastikan diri lolos ke babak semifinal. Pada game semifinal pertama, SMAN 1 Bandung berhadapan dengan SMA Trinitas Bandung.

SMA Trinitas Bandung berhasil meraih kemenangan dengan skor cukup telak 77-21 atas SMAN 1 Bandung, sekaligus mengantarkan mereka ke final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, Senin (20/03/22).

Pelatih SMA Trinitas Bandung, Daniel Siswanto, bersyukur dengan hasil yang diraih pada pertandingan tersebut, menurut kemenangan ini sesuai dengan harapan. Apalagi, pihaknya menargetkan untuk meraih juara seri Jawa Barat seperti yang diraih pada tahun lalu.

"Puji Tuhan bisa kembali ke final, yang harus diperbaiki mereka harus lebih sabar lagi ya dalam offense, defensive juga mungkin jangan terlalu banyak foul, gak gampang untuk dilewati," ucapnya kepada INDOSPORT.

Lebih lanjut Daniel menuturkan, pada partai final nanti anak asuhnya harus bekerja lebih keras lagi, pasalnya lawan yang dihadapi pasti akan lebih berat lagi dari sebelumnya.

"Penampilan anak-anak bagus, maksudnya memang sesuai ekspektasi seperti itu. Tapi harapannya di final bisa lebih bagus lagi, jangan cepat puas juga dan yang pasti lawan di final tidak mudah juga, karena tim yang ke final tim bagus juga. Targetnya juara lagi," tegasnya.

Sedangkan pada semifinal kedua, SMAN 2 Bandung berhasil menaklukkan SMA Kuntum Cemerlang Bandung 47-45. Dengan demikian, SMAN 2 Bandung mengulang sukses melaju ke final.

Sementara itu, pelatih SMAN 2 Bandung, Yosef, bersyukur anak asuhnya bisa kembali melaju ke final. Apalagi, saat ini komposisi pemain timnya dihuni mayoritas pemain baru.

"Yang pertama kita senang bisa lewati satu proses lagi kita masuk final, dari hasil cukup puas kita yang kelas 3 cuma 2 orang saja, sisanya kita regenerasi dari anak kelas 1 dan 2," ungkapnya kepada INDOSPORT.

Pada tahu ini, SMAN 2 Bandung akan berusaha untuk tampil lebih baik lagi dan meraih gelar juara. Namun, yang terpenting pada laga nanti anak asuhnya bisa tampil maksimal dan berusaha semaksimal mungkin.

"Melihat materi sudah jelas mereka masih sama ya seperti tahun lalu, kita regenerasi jadi kita lihat nanti. Untuk anak-anak secara tim sudah bagus dari tahun lalu, tinggal jam terbang saja, dengan sistem yang baik harusnya bisa (juara), tapi kita lihat karena mental belum tentu juga," tegasnya.

Pada 2022 lalu, telah digelar turnamen bola basket antar SMA yang bertajuk Red Bull Basketball Championships 2022. Berkaca dari kesuksesan turnamen 2022 yang dijuarai SMAN 116 Jakarta, tidak heran jika Red Bull Basketball Championships kembali digelar di tahun 2023 ini.

Hebatnya, bila tahun lalu Red Bull Basketball Championships hanya digelar di 6 provinsi, kini ajang yang sama akan digelar di 10 provinsi di Indonesia dari 3 pulau berbeda.

Kesepuluh provinsi itu antara lain Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan.

Nantinya, seluruh juara dari 10 seri tersebut akan kembali diadu dalam babak Grand Final yang rencananya digelar pertengahan Juni 2023 di D.I. Yogyakarta.

Kompetisi yang dihelat oleh brand minuman kesehatan Red Bull ini sendiri bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi atlet muda, khususnya dalam cabang olahraga bola basket.