SMA Trinitas Bandung Juara Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat

Selasa, 21 Maret 2023 09:17 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat.

INDOSPORT.COM - SMA Trinitas Bandung berhasil meraih gelar juara Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat setelah mengalahkan SMAN 2 Bandung pada laga final di GOR Laga Tangkas, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (20/03/23).

Setelah tiga hari bergulir sejak Sabtu (18/03/23) hingga Senin (20/03/23), turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat akhirnya mencapai partai puncak.

Dua tim sukses memastikan tiket ke final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, yakni SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung.

Pertemuan SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung di partai final Red Bull Basketball Championships menjadi yang kedua, pasalnya pada tahun lalu keduanya juga bertemu di final saat itu pertandingan dimenangkan oleh SMA Trinitas Bandung.

Perjalanan kedua tim untuk melangkah ke partai final Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat tidak mudah. SMA Trinitas Bandung, di babak 16 besar berhadapan dengan SMAK Trimulia dan berhasil unggul 60-50.

Kemudian di babak 8 besar, SMA Trinitas Bandung berhasil mengalahkan SMAN 1 Rancaekek dengan skor 76-22. Saat semifinal, mereka mampu mengalahkan SMAN 1 Bandung 71-22.

Sedangkan SMAN 2 Bandung di babak 16 besar berhasil meraih kemenangan 94-21 atas SMAN 1 Ciparay. Memasuki babak 8 besar, SMAN 2 Bandung unggul 37-25 dari SMAN 1 Baleendah dan di semifinal mereka menang tipis dari SMA Kuntum Cemerlang Bandung 47-45.

Pada pertandingan final, SMA Trinitas Bandung dan SMAN 2 Bandung tampil penuh motivasi untuk menjadi yang terbaik pada Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat.

Namun, akhirnya SMA Trinitas Bandung mampu meraih kemenangan atas SMAN 2 Bandung dengan skor 40-29 sekaligus kembali menjadi juara pada Red Bull Basketball Championships Seri Jawa Barat untuk yang kedua kalinya.

Selain itu, SMA Trinitas Bandung akan menjadi wakil Jawa Barat untuk berlaga memperebutkan gelar juara utama di Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023.

Pelatih SMA Trinitas Bandung, Daniel Siswanto, bersyukur dengan hasil yang diraih pada pertandingan tersebut, menurut kemenangan ini sesuai dengan target. Selain itu, anak asuhnya bermain penuh motivasi.

"Puji Tuhan anak-anak hari ini main penuh motivasi untuk menjadi juara, permainan anak-anak juga secara keseluruhan bagus," kata Daniel kepada INDOSPORT.

Daniel menyadari, untuk Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023 tidak akan mudah, pasalnya lawan yang dihadapi merupakan juara dari daerah lainnya.

"Untuk seri selanjutnya kita belum pernah lihat lawannya bagaimana, tapi yang pasti berat lah kalau nanti di nasional, lawan-lawannya juga pasti lebih bagus, mereka kan juara di daerah lainnya," ungkapnya.

Pada Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023, SMA Trinitas Bandung menargetkan untuk meraih hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya, yakni melaju ke partai final.

"Persiapan paling kita nambahin sparing dengan lawan yang lebih bagus. Kalau bisa nanti nasional kita bisa ke final, tahun kemarin kita sampai semifinal," tegasnya.

Sementara itu,  peringat ketiga Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Barat, diraih SMA Kuntum Cemerlang Bandung, mereka berhasil mengalahkan SMAN 1 Bandung 46-27 pada laga perebutan juara tiga.

Sebagai informasi Red Bull Basketball Championships 2023 digelar di 10 provinsi di Indonesia dari 3 pulau berbeda. 10 provinsi itu antara lain Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan.

Nantinya, seluruh juara dari 10 seri tersebut akan kembali diadu dalam babak Grand Final yang rencananya digelar pertengahan Juni 2023 di D.I. Yogyakarta.

Kompetisi yang dihelat oleh brand minuman kesehatan Red Bull ini sendiri bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi atlet muda, khususnya dalam cabang olahraga bola basket.