Timnas Basket Putri Indonesia Rebut Emas Pertama SEA Games, PERBASI Curhat Kompetisi Mati Suri

Minggu, 14 Mei 2023 17:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© CdM Indonesia SG / Evan Andraws
Prestasi timnas basket putri Indonesia gemilang usai mencetak rekor di gelaran SEA Games 2023 Kamboja, hal ini cukup ironis di tengah kompetisi mati suri. Copyright: © CdM Indonesia SG / Evan Andraws
Prestasi timnas basket putri Indonesia gemilang usai mencetak rekor di gelaran SEA Games 2023 Kamboja, hal ini cukup ironis di tengah kompetisi mati suri.

INDOSPORT.COM – Prestasi timnas basket putri Indonesia semakin gemilang usai mencetak sejarah di gelaran SEA Games 2023 Kamboja.

Ya, untuk kali pertama dalam sejarah pelaksanaan SEA Games sejak tahun 1959 silam, Timnas basket putri Indonesia persembahkan medali emas.

Seperti yang diketahui bahwa selama ini tim bola basket Indonesia untuk sektor putri hanya meraih tiga perak dan tiga perunggu.

Sekjen PP PERBASI, Nirmala Dewi mengapresiasi keberhasilan Timnas Putri dalam meraih emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games.

“Selamat Timnas Putri. Pengorbanan selama TC hampir setahun membuat hasil maksimal. Enam kemenangan, Clean sheet, yang berujung emas,” ucap Nirmala, Minggu (14/05/23).

Sementara itu, Ketum PP PERBASI, Danny Kosasih, menjelaskan bahwa federasi sudah berusaha mendukung atmosfer bola basket putri di Indonesia. Sayangnya, program memutar kompetisi khusus putri tidak disambut baik.

“Kami sudah mengedarkan surat dua bulan lalu. Rencana memutar kompetisi. Tapi yang menjawab hanya satu tim dari Surabaya,” jelas Danny Kosasih.

“Jadi lalu ada yang tanya kenapa Perbasi tidak mau mengadakan ya? Saya bingung menjawabnya. 'Enggak ada peserta' dengan 'enggak mau' itu harus dibedakan,”

“Ketika enggak ada klub yang sanggup ikut liga, saya bersama Pak Christopher memutuskan lebih baik TC jangka panjang,” tutup Danny Kosasih.