SMAN 116 Jakarta Back to Back Juarai Red Bull Basketball Championships 2023

Senin, 26 Juni 2023 12:13 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Turnamen bola basket Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023 yang digelar di GOR Unesa Surabaya mulai 22-25 Juni 2023 telah berakhir. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Turnamen bola basket Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023 yang digelar di GOR Unesa Surabaya mulai 22-25 Juni 2023 telah berakhir.

INDOSPORT.COM - Turnamen bola basket Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023 yang digelar di GOR Unesa Surabaya mulai 22-25 Juni 2023 telah berakhir.

SMAN 116 Jakarta sukses menjadi juara setelah di partai puncak mengalahkan SMA Kharisma Bangsa Tangerang dengan skor 68-48. Pertandingan berjalan seru dan ketat. Kedua tim sangat sulit memperoleh skor sejak kuarter pertama.

Mereka sama-sama menerapkan skema bertahan yang sangat rapi dan pemain-pemain disiplin dalam menjaga daerahnya. Ketatnya pertandingan ini ternyata diamini oleh pelatih SMAN 116 Jakarta, Rifki Antolyon ketika ditemui usai laga.

“Ketat di awal memang. Tapi di akhir kita bisa memimpin lebih jauh, jadi kita bisa maintenance skornya,” ujar Rifki pada awak INDOSPORT, Minggu (25/6/2023).

Lebih lanjut pria yang melatih Timnas Basket Indonesia U-16 itu mengaku sangat puas dengan permainan anak didiknya di atas lapangan karena semua skema dijalankan dengan baik.

“Yang jelas anak-anak melaksanakan gameplan dengan benar, terutama di defense yang bagus. Kita bermain cepat transisi ke depan dan itu berjalan banget dan sukses,” lanjutnya.

Selain skema permainan yang berjalan apik, Coach Rifki juga mengungkapkan rotasi pemain mempunyai peranan penting.

Maklum saja, Grand Final Red Bull Basketball Championships 2023 ini setiap tim peserta tidak memiliki waktu cukup untuk istirahat.

“Pertama kita persiapkan latihan pagi dan sore. Itu kita jaga betul, makannya, tidurnya juga kita jaga betul untuk persiapan,” bebernya.

“Rotasi terus kita lakukan. Saya selalu berganti-ganti pemain full muter-muter itu saja,” sambung Coach Rifki.

Skema yang dijalankan ini rupanya sukses mengantarkan SMAN 116 Jakarta juara Redbull Basketball Championship 2023 putaran nasional.

Menariknya, SMAN 116 Jakarta sukses back to back di ajang Red Bull Basketball Championship 2023.

Full Suporter

Partai final Redbull Basketball Championship 2023 sangat meriah. GOR Unesa yang terletak di daerah Lidah Wetan, Surabaya ini sangat riuh penonton.

Bahkan ribuan suporter telah memadati pintu masuk dua jam sebelum pertandingan final mulai. Sebagai informasi, laga final dimulai pada pukul 14.40 WIB.

Para suporter ini mendukung timnya masing-masing, salah satunya SMAN 116 Jakarta. Dukungan suporter ini berbuah manis, Raiz dan kolega sukses mempertahankan piala Kemenpora.