IBL Playoffs 2023: Alasan Rans PIK dan Dewa United Berkandang di Sritex Arena Solo

Jumat, 30 Juni 2023 07:01 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© iblindonesia.com
Logo IBL Copyright: © iblindonesia.com
Logo IBL

INDOSPORT.COM – Babak playoffs Indonesia Basketball League (IBL) 2023 akan segera berlangsung mulai hari ini, Jumat (30/6/23) hingga Sabtu (9/7/23).

Sebanyak delapan tim bakal bersikeras meraih juara usai menuntaskan musim regular pada akhir pekan lalu. Kali ini, babak playoffs IBL 2023 bakal memakai sistem home-away.

Menariknya, dua tim yakni Rans PIK Basketball dan Dewa United justru tak berkandang di home base mereka. Keduanya sepakat berkandang di Sritex Arena, Solo.

Mulanya, tersiar kabar jika Rans PIK Basketball sempat memilih Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara sebagai home court, sebelum akhirnya Sritex Arena Solo menjadi pelabuhan terakhir.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengungkap bahwa soal harga sewa menjadi salah satu alasan pemilihan Sritex Arena Solo sebagai home court Rans PIK Basketball dan Dewa United Balik.

“Jadi Rans itu memang awalnya akan main di Britama dan mereka pun sudah mempersiapkan,” jelas Junas Miradiarsyah kepada awak media, Rabu (27/6/23).

"Tapi, menurut info yang kita terima ada perhitungan komersial dan itu menjadi pertimbangan, kalau tidak salah mengenai harga sewa," cetusnya.

Lebih lanjut, Junas menambahkan bahwa sejatinya Dewa United terlebih dulu yang mengusulkan Sirtex Arena Solo sebagai home court sebelum akhirnya diikuti oleh Rans PIK Basketball.

“Jadi ya yang lebih dulu itu sebetulnya Dewa United sejak dia tidak bisa di Indonesia Arena, dia langsung mengusulkan ke Solo. Karena juga dekat dan untuk pelaksanaannya, itu kan harus ada waktu untuk perizinan dsb, jadi diputuskan di Solo,” terangnya.