Target Timnas Basket di Ajang Indonesia International Basketball Invitational 2023

Selasa, 1 Agustus 2023 13:10 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© fiba.basketball
Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball Copyright: © fiba.basketball
Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas basket Indonesia yakni Milos Pejic mengungkapkan target di ajang Indonesia International Basketball Invitational 2023.

Sekedar informasi, Indonesia International Basketball Invitational merupakan test event yang bertujuan untuk menjajal Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau Indonesia Arena yang akan dijadikan sebagai venue FIBA World Cup 2023.

Berlangsung mulai 2-5 Agustus 2023, sebanyak empat tim bakal berpartisipasiyang menggunakan format single round robin termasuk timnas bakset Indonesia.

Timnas basket Indonesia bakal ikut ajang tersebutm yang mana mayoritas merupakan para pemain penyumbang medali emas di SEA Games 2022 lalu.

Selain itu, skuad garuda juga bakal dihuni oleh tim Indonesia Patriots yang didalamnya diisi oleh para pemain muda yang dipersiapkan menjadi pemain timnas pada masa mendatang.

Kemudian, dua kontestan lainnya bakal diikuti oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan Suriah. UEA saat ini menempati ranking 105 FIBA, Indonesia di posisi 85, sementara Suriah di peringkat 72.

Milos Pejic sendiri mengaku enggan muluk-muluk menargetkan gelar juara untuk para anak asuhnya itu. Baginya, yang terpenting test event ini sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkuat para pemain muda.

“Sulit untuk menetapkan target ya, soalnya ini friendly tournament dan ini jadi kesempatan juga untuk melihat beberapa pemain baru bermain di lapangan seperti Zane dan Reza, mereka pertama kali bergabung dengan kami,” pungkas Milos Pejic selepas sesi latihan timnas basket Indonesia, Minggu (30/07/23), di Indonesia Arena, GBK, Jakarta.

“Itu jadi kesempatan yang bagus untuk mereka, kita tau apa yang bisa dilakukan Andakara Prastawa dan Arkidia wisnu, tapi saya ingin melihat Zane, Derrick, dan beberapa pemain lainnya,” sambung Milos Pejic.

Kendati begitu, Milos Pejic tetap bersikeras meramu strategi apik untuk para anak didiknya itu agar bisa menciptkan hasil gemilang untuk timnas basket Indonesia di ajang perdana Indonesia Arena ini.

“Kami tidak mengetahui siapa saja roster nya Suriah dan United Emirates Arab, tetapi pastinya kami akan bermain dengan baik,” ujar Milos Pejic.

“Kami juga excited karena kami akan bermain di arena baru, yaitu Indonesia Arena. Kami akan mencoba arena untuk piala dunia, event yang besar bagi semua orang dan semua orang senang,” kata Milos Pejic.