Jadwal Lengkap FIBA World Cup 2023 di Indonesia: Opening Ceremony Dihadiri Presiden Jokowi

Kamis, 24 Agustus 2023 17:48 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga eksibisi sejumlah tanah air di acara peresmian Indonesia Arena oleh Presiden RI Joko Widodo jelang FIBA World Cup 2023, Senin (07/08/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga eksibisi sejumlah tanah air di acara peresmian Indonesia Arena oleh Presiden RI Joko Widodo jelang FIBA World Cup 2023, Senin (07/08/23).

INDOSPORT.COM -  Ajang FIBA World Cup 2023 akan mulai berlangsung esok hari, Jumat (25/08/23), di Indonesia Arena, GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

Sebelum memasuki pertandingan, diketahui bahwa akan ada opening ceremony yang bakal dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta sederet public figure termasuk penyanyi Agnez Mo.

Oleh karenanya, Panita Pelaksana (LOC) FIBA World Cup 2023, menghimbau kepada para pemegang tiket FIBA World Cup 2023 untuk tiba lebih awal yakni pada pukul 18.30 WIB guna mengantisipasi adanya penutupan akses masuk pada saat acara pembukaan, serta antisipasi mobilitas penonton yang keluar stadion pada gim pertama.

Mengingat di hari pertama pertandingan akan ada upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 pada pukul 19.15 WIB (on time), khusus untuk pemegang tiket pertandingan gim kedua, pukul 20.30 WIB, Kanada vs Prancis, diharapkan untuk hadir lebih awal.

"Ini untuk mengantisipasi adanya penutupan akses masuk pada saat acara pembukaan oleh pihak keamanan, serta mobilitas penonton yang keluar stadion pada gim pertama. Jadi saya mengimbau untuk penonton game kedua agar datang lebih cepat untuk sama-sama menyaksikan opening ceremony yang meriah," ujar Ketua LOC FIBA World Cup 2023 Indonesia, Budisatrio Djiwandono.

Bagi penonton yang hadir lebih dari jam yang telah ditentukan di atas, Budi meminta mereka untuk menunggu di luar hingga selesainya acara pembukaan.

Akses masuk stadion akan kembali dibuka untuk menyaksikan gim kedua setelah acara pembukaan selesai atau saat Presiden Joko Widodo meninggalkan tempat acara.

Menyoal FIBA World Cup 2023, Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah utama setelah Filipina dan Jepang yang juga mendapatkan mandat yang sama.

Meski skuad Garuda tidak tampil di turnamen bola basket dunia terbesar ini, namun antusias Masyarakat Indonesia terhadap FIBA World Cup 2023 disinyalir sangat ramai.

Hal ini terbukti dari penjualan tiket di hari pertama yang telah ludes 100%, kemudian secara keseluruhan match, presentase tiket terjual sudah hampir mencapai 60%.