Resmi, Indonesia jadi Tuan Rumah Final FEI JWC 2021

Minggu, 29 November 2020 19:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Media PP Pordasi
Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah kegiatan internasional dari cabang olahraga berkuda, equestrian yang paling bergengsi yakni Jumping World Challenge (JWC) Copyright: © Media PP Pordasi
Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah kegiatan internasional dari cabang olahraga berkuda, equestrian yang paling bergengsi yakni Jumping World Challenge (JWC)

INDOSPORT.COM - Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah kegiatan internasional dari cabang olahraga berkuda, equestrian yang paling bergengsi yakni Jumping World Challenge (JWC) yang diselenggarakan oleh Federasi Equestrian Internasional (FEI). Event itu diselenggarakan pada tahun 2021 mendatang di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP).

Keputusan itu ditetapkan setelah ada kesepakatan saat General Assembly atau Munas Anggota FEI pada 23 November 2020 lalu. Indonesia sebelumnya  mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang internasional Sow Jumping tersebut.

Berkat kerja keras jajaran Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi), akhirnya Indonesia berhasil ditetapkan sebagai tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge tahun 2021. Keputusan yang menetapkan Indonesia tersebut diambil dalam Munas FEI yang dihadiri 102 negara peserta.

"Proses bidding sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge ini sudah dilakukan lebih dari sembilan bulan sebelumnya. Perjuangan kami tidak mudah," kata Sekretaris Jenderal PP.Pordasi Adinda Yuanita. 

Final FEI Jumping World Challenge tahun 2021 direncanakan akan digelar pada pertangahan September di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP). Sebanyak 27 negara kontingen akan bertanding di babak final kompetisi Show Jumping dan para atlet yang akan bertanding adalah yang menjadi juara pada babak kualifikasi yang sudah digelar.

Selain tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge 2021, Indonesia ternyata juga dipercaya menjadi tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2022. 

"Tadinya Indonesia sudah ditunjuk sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2022, namun karena satu dan lain hal Senegal ternyata tidak memenuhi persyaratan yang cukup berat dari FEI sebagai tuan rumah tahun 2021 maka Indonesia lah yang dimajukan sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2021," tutur Adinda Yuanita. 

Indonesia sudah mempersiapkan atlet berkuda dan telah tuntas menggelar kualifikasi yang terdiri dari 3 Seri pada tahun ini. Dari ketiga Seri FEI JWC 2020 yang digelar di Indonesia, pemenangnya adalah Dirga Saputra yang memiliki skor tertinggi berdasarkan akumulasi seluruh Seri pada Kategori A. Ia berpotensi menjadi wakil Indonesia pada Final FEI JWC 2021, dengan catatan torehan angka yang dimilikinya lebih baik dari wakil negara lain pada grup yang sama.