Keajaiban Efren Reyes, Si 'Penyihir’ Biliar yang jadi Atlet Tertua SEA Games 2023

Rabu, 10 Mei 2023 18:23 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Instagram@efren_bata_reyes
Mengenal Efren Manalang Reyes, ‘si penyihir’ sekaligus raja biliar asal Filipina, yang jadi atlet tertua di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara SEA Games 2023. Copyright: © Instagram@efren_bata_reyes
Mengenal Efren Manalang Reyes, ‘si penyihir’ sekaligus raja biliar asal Filipina, yang jadi atlet tertua di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Mengenal Efren Manalang Reyes, ‘si penyihir’ sekaligus raja biliar asal Filipina, yang jadi atlet tertua di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara SEA Games 2023.

Filipina menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara di cabang olahraga (cabor) biliar. Di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara, SEA Games, Filipina nyaris tiap tahun meraih emas.

Filipina juga memiliki legenda biliar yang dikenal dengan keperkasaan, kecerdikan, dan dedikasinya, hingga dijuluki ‘the magician’ atau si penyihir. Dia adalah Efren Reyes.

Melansir Esquire Mag, Efren Reyes mendapatkan julukan ‘the magician’ karena ketangkasannya memprediksi gerak lawan dengan sangat cepat.

Senyumannya yang terus mengembang di tiap pertandingan, seolah mampu menyihir para lawan. Total, sudah lebih dari 70 gelar internasional direngkuh Efren Reyes, termasuk gelar Kejuaran Dunia Biliar.

Pencapaian itu, melabelkan Efren Reyes sebagai atlet biliar terhebat sepanjang masa. Kesimpulannya, mau bagaimana pun perjalanan kariernya, semua dipenuhi ketakjuban.

Bahkan di usianya yang akan menginjak 69 tahun Agustus 2023 mendatang, keterampilan Efren Reyes masih enggan memudar.

Terkini, Efren Reyes bahkan masih dipercaya menjadi penggawa biliar Filipina di ajang SEA Games 2023. Bukan sebagai pelatih, namun sebagai atlet.

SEA Games 2023 berlangsung di Kamboja pada 5 sampai 17 Mei dengan mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor), dan biliar dipertandingkan pada 7 sampai 14 Mei.

Dengan status sebagai atlet tertua SEA Games 2023, tak pelak keberadaan Efren Reyes menyita perhatian, terlepas bagaimana hasilnya.