Bahas Pembinaan, Menpora Amali Terima Audiensi Ketum PB PBI Jerry Sambuaga

Senin, 13 Februari 2023 23:11 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali hadir di Stadion GBLA, saat Persib vs PSS Sleman. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali hadir di Stadion GBLA, saat Persib vs PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menerima audiensi Ketua Umum PB Persatuan Boling Indonesia (PBI), Jerry Sambuaga, beserta jajarannya di Gedung Graha Pemuda, Kemenpora, Senayan, Senin (13/2/23).

Menpora mengatakan kedatangan Ketum PBI dan rombongan untuk membicarakan tentang bagaimana pembinaan terhadap atlet muda boling Indonesia.

"Pada hari ini saya menerima Ketum PB Boling Indonesia, sejak SEA Games yang lalu belum pernah ketemu. Mereka ini sudah minta waktu lama," ujar Zainudin Amali.

"Kami ingin berterima kasih atas sumbangsih boling di SEA Games Vietnam. Karena di Kamboja nanti tidak dipertandingkan lagi, maka kami membahas tentang pembinaan atlet ke depan," tambahnya. 

Menurut Menpora, boling merupakan cabang olahraga yang mengkombinasikan olahraga dan hiburan. Dia berharap kelak bisa bangkit dan diminati lagi seperti dulu. 

"Cabang olahraga ini sempat tertidur. Padahal berpotensi untuk kita bisa memberikan kontribusi prestasi pada olahraga secara keseluruhan. Semoga anak muda kita lebih banyak yang suka dengan olahraga ini. Karena dulu-dulunya kan ini olahraga sangat disukai," ujarnya.

Dengan demikian, Menpora Zainudin Amali berharap pengurus PBI dapat mengembangkan lagi olahraga ini di tengah masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. 

"Saya sampaikan kepada ketum dan pengurus agar ini bisa dikembangkan lagi, digiatkan lagi terutama di perkotaan. Karena ini sangat menarik, sama dengan golf banyak disukai anak muda. Apalagi pada saat pandemi semakin banyak yang tertarik," jelasnya.

Sementara itu, Ketum PB PBI, Jerry Sambuaga, menyebut pihaknya mendapat banyak arahan dan masukan terkait pengembangan dan bagaimana meningkatkan prestasi boling ke depan dari Menpora. 

"Alhamdulillah waktu SEA Games lalu kami melaporkan kepada Menpora bahwa kami berhasil menyabet satu emas, dua perak dan tiga perunggu. Tentu ini menjadi modal dasar untuk ke depan bisa semakin memberikan motivasi dan semangat pada para atlet kami," jelas Jerry.

"Tentunya bisa semakin meningkatkan akses akses di dunia internasional. Karena, olahraga boling ini tidak hanya diminati secara nasional, tapi juga di tingkat global," tukasnya.