Luar Biasa! Anak 10 Tahun Jadi Penabuh Drum Tim Perahu Naga DKI Jakarta di PON XX

Minggu, 10 Oktober 2021 05:05 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Sang penabuh drum tim dayung perahu naga putri DKI Jakarta, Catheline Siahaya. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Sang penabuh drum tim dayung perahu naga putri DKI Jakarta, Catheline Siahaya.

INDOSPORT.COM - Di hari pertama perlombaan disiplin Traditional Boat Race (TBR) atau perahu naga cabor dayung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (9/10/21), ada pemandangan menarik yang terlihat pada tim putri DKI Jakarta.

Sang penabuh drum DKI Jakarta itu masih kanak-kanak. Usianya baru 10 tahun. Namanya Catheline Siahaya. Dia tampak enerjik menabuh drum. 

Catheline paham betul tugasnya sebagai sosok penting di tim perahu naga yang mengatur irama para pedayung tim putri DKI Jakarta di PON XX Papua 2021.

Berkat gebukan drumnya yang menghentak semangat, tim perahu naga putri DKI Jakarta berhasil finis di urutan kedua, semifinal disiplin TBR atau perahu naga nomor 1.000 meter putri. Sayang, di final, tim DKI Jakarta gagal menyabet medali.

Keberadaan Catheline Siahaya di tim dayung DKI Jakarta bukan sebuah kebetulan. Pasalnya, PODSI DKI Jakarta punya program jangka panjang untuk perekrutan atlet masa depan.

"Jadi kalau dari kecil sudah mengenal dan senang, mereka akan lebih giat berlatih lagi untuk program ungggulan ke depannya," ujar pelatih perahu naga putri DKI Jakarta, Farok Togolobe.

Chateline mengaku sudah suka dengan olahraga dayung karena sang mama yang juga merupakan mantan atlet dayung putri DKI Jakarta, Christina Kafolakari. Maklum, sejak kecil, dia sudah sering ikut ibunda berlatih.

"Saya suka dayung karena mama pedayung. Saat ini saya berusia 10 tahun kelas 5 SD. Saya sejak kelas 4 latihan dayung," kata Catheline Siahaya.