In-depth

SEA Games 2021: Mengenal Rowing, Cabor Berprestasi dan Penyumbang Emas Perdana Indonesia

Rabu, 11 Mei 2022 17:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono
Mengenal olahraga rowing, salah satu cabor berprestasi yang kerap bawa harum Indonesia serta jadi penyumbang medali emas perdana kontingen Merah-Putih di SEA Games 2021. Foto: NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono Copyright: © NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono
Mengenal olahraga rowing, salah satu cabor berprestasi yang kerap bawa harum Indonesia serta jadi penyumbang medali emas perdana kontingen Merah-Putih di SEA Games 2021. Foto: NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono

INDOSPORT.COM – Mengenal olahraga rowing, salah satu cabor berprestasi yang kerap bawa harum Indonesia serta jadi penyumbang medali emas perdana kontingen Merah-Putih di SEA Games 2021.

Cabang olahraga (cabor) rowing alias mendayung, sukses mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021.

Medali emas pertama untuk Indonesia dipersembahkan atlet rowing Tanah Air, Kakan Kusmana/Ardi Isadi, dari nomor lightweight men's double sculls (LM2X).

Kakan/Ardi keluar sebagai yang tercepat saat bertanding di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Rabu (11/05/022) pagi.

Mereka mengalahkan wakil Filipina (Cris Nievarez & Christian del Rosario) yang meraih medali perak. Perunggu didapat Vietnam (Nhu Dinh Nam & Bui Van Hoan).

Masih dari cabor dayung, Sulpianto dan Memo menambah emas kedua dari nomor Men's Double Sculls, setelah mengalahkan wakil Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Tak hanya emas, cabor rowing Indonesia juga sebelumnya bisa meraih medali perak.

Raihan medali perak Indonesia datang dari nomor woman quadruple sculls (W4X) yang diisi Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, dan Annisa Meilani Yahya.

Syiva Lisdiana, Aisah Nabila, Julianti, dan Chelsea Corputty juga menambah perak dari dayung nomor Women's Coxless Four.

Jadi penyumbang medali terbanyak bahkan emas perdana Indonesia di SEA Games 2021, olahraga rowing alias mendayung ternyata masih memiliki jumlah penggemar yang minim di Tanah Air.

Tak hanya minim jumlah peminat, bahkan mungkin masih ada yang kurang familiar akan olahraga fisik di air ini.

Untuk itu, berikut INDOSPORT.com coba merangkum serta mengulas profil cabor rowing yang kerap berikan prestasi mentereng buat Indonesia: