eSports

3 Formasi yang Kerap Digunakan dalam Permainan Mobile Legends

Kamis, 3 Oktober 2019 13:34 WIB
Editor: Coro Mountana
© Mobile Legends
Logo Mobile Legends Copyright: © Mobile Legends
Logo Mobile Legends

INDOSPORT.COM – Ingin memenangi mode ranked dalam permainan Mobile Legends bersama skuatmu? Mungkin anda perlu mengetahui 3 formasi yang kerap digunakan berikut ini.

Mobile Legends semakin hari kian pesat perkembangannya baik itu dari segi variasi hero sampai skin yang ditawarkan oleh pihak developer, Moonton. Oleh karena itu setiap pemain di Mobile Legends yang kini telah menjadi bagian dari eSports, selalu berusaha memperbaiki cara mainnya.

Tak jarang tim eSports di Mobile Legends seperti RRQ atau Evos kerap mengganti dan melatih strategi dan taktik yang akan dipakai saat turnamen ataupun mode ranked. Salah satu taktik yang paling sederhana untuk dilatih adalah mengenai formasi.

Siapa sangka, dalam permainan Mobile Legends, formasi juga tak kalah penting layaknya sepak bola. Setidaknya, ada 3 formasi yang kerap digunakan di game Mobile Legends yang perlu kamu tahu, apa sajakah itu?

2-1-2

Formasi 2-1-2 atau wiro sableng ini menjadi yang paling sering dipakai dalam mode ranked game Mobile Legends. Inti dari formasi ini adalah menempatkan masing-masing 2 hero di up lane dan bottom lane, lalu membiarkan hero damage dealer di mid lane, biasanya marksman atau assassin.

Tujuan dari formasi ini adalah menciptakan kekacauan dengan menyerang terus bottom dan up lane sehingga musuh akan fokus pada 2 area pertempuran itu. Lalu hero damage dealer yang sendirian di tengah, diharapkan dapat secepatnya jadi itemnya agar bisa bantu ganking di lane lain.

1-1-3

Sejatinya formasi ini tergantung ada di mana posisi turtle karena tujuannya adalah ingin mengamankan monster hutan raksasa itu dengan 3 hero sekaligus. Jadi jika turtle ada di top lane, maka formasi akan menjadi 3-1-1, begitupun sebaliknya.

© Mobile Legends
Hero Mobile Legends, Kimmy. Copyright: Mobile LegendsHero Mobile Legends, Kimmy biasanya sering berada di mid lane.

Pada dasarnya konsep membiarkan di lane tertentu hanya diisi oleh satu hero dimaksudkan agar ia dapat jadi item dan level secepatnya. Itu bisa terjadi karena semua monster hutam, minon menjadi jatah dari hero yang sendirian di lane tersebut.

2-2-1

Terakhir adalah formasi yang menjadi lebih sering digunakan dalam beberapa season terakhir ini, yaitu formasi 2-2-1 atau 1-2-2. Kunci dari formasi ini adalah menempatkan hero damage dealer baik itu marksman atau assassin di mid lane bersama tank.

Tugas hero dengan role tank di sini adalah menjaga dan membantu marksman untuk melakukan jungling. Sekadar info saja, dalam beberapa season terakhir, monster hutan yang ada saat ini jauh lebih kuat sehingga hero dengan darah tipis seperti marksman membutuhkan tank untuk jungling.