eSports

Unggah Video Game eSports di Instagram, Ihsan Maulana Dikritik Netizen

Selasa, 15 Oktober 2019 12:29 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Humas PBSI
Ihsan Maulana Mustofa mendapat kritik pedas dari netizen dunia maya karena unggahan game eSports-nya. Copyright: © Humas PBSI
Ihsan Maulana Mustofa mendapat kritik pedas dari netizen dunia maya karena unggahan game eSports-nya.

INDOSPORT.COM - Menjadi seorang public figure layaknya Ihsan Maulana Mustofa, tentu tidak lepas dari pantauan netizen Indonesia. Siapa sangka hanya karena unggah video eSports Mobile Legends, sang atlet bulutangkis malah kena kritik.

Ihsan baru-baru ini mengunggah video singkat permainan salah satu game yang cukup digandrungi di Tanah Air tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Pada video itu terlihat jika Ihsan menggunakan hero Gusion ketika bermain.

Melalui caption unggahan nampak di akun @lambe.badminton, Ihsan rupanya tidak sendiri. Salah satu pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, juga turut serta main bareng (mabar) dengannya.

© Instagram @lambe.badminton
Unggahan Ihsan Maulana soal main game. Copyright: Instagram @lambe.badmintonUnggahan Ihsan Maulana soal main game.

Terlihat jika Ihsan sangat menikmati permainan salah satu game eSports bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini. Sayang kebahagiaan pebulutangkis berusia 23 tahun ini tidak lepas dari omongan netizen.

Video unggahan itu sendiri kini sudah taidak nampak di akun Ihsan. Di sisi lain, komentar-komentar pedas dari jari-jari 'jahat' netizen pun terus mengalir.

Sejumlah pengguna dunia maya juga ada yang berusaha mengingatkan sang atlet dengan kritik, supaya lebih berhati-hati. Mereka menyarankan Ihsan tidak mengunggah video Mobile Legends atau game lain dengan alasan bakal memicu kontroversi.

Hal tersebut dianggap tidak mengutamakan cabang olahraga yang digelutinya, yaitu bulutangkis. Mendapati komentar itu, seorang Ihsan Maulana Mustofa pun membalasnya dengan kalimat berkelas.

"@agoeng_sis ga masalah mas, saya gak ngerugiin hidupnya mereka. Saya ganggu juga engga...kalo gak suka dengan postingan saya tinggal unfollow, gampang kok mas," balas pebulutangkis asal Tasikmalaya itu.

© Instagram @lambe.badminton
Komentar netizen soal unggahan main game Ihsan Maulana di Instagram. Copyright: Instagram @lambe.badmintonKomentar netizen soal unggahan main game Ihsan Maulana di Instagram.

Ini bukan pertama kalinya Ihsan mendapat kritik terkait hobinya itu. Sebelumnya, pebulutangkis tunggal putra Tanah Air tersebut juga mendapat banjir kecaman dari para netizen. Merasa netizen tidak punya hak mengatur kehidupan pribadinya, Ihsan pun sempat mencak-mencak.

Sebagian besar netizen nampaknya mengomentari kehidupan pribadi sang atlet karena dianggap menjadi salah satu penyebab penurunan performanya. Sebelumnya, Ihsan yang sempat meraih ranking tertinggi di angka 17 kini harus merosot ke peringkat 69 dunia karena cedera.