eSports

Hampir 2 Tahun Dirilis, Game eSports PUBG Mobile Kantongi Rp21 Triliun

Selasa, 17 Desember 2019 18:24 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© WallpaperCave
Game eSports PUBG Mobile berhasil mengantongi Rp21 triliun setelah hampir dua tahun perilisannya. Copyright: © WallpaperCave
Game eSports PUBG Mobile berhasil mengantongi Rp21 triliun setelah hampir dua tahun perilisannya.

INDOSPORT.COM - Sejak dirilis pada Februari 2018 silam, game eSports PUBG Mobile meraih banyak minat gamers di seluruh dunia. Game bergenre Battle Royale ini bahkan berhasil meraup untung sebesar Rp21 triliun!

Melansir dari Sensor Tower, pemasukan PUBG Mobile meningkat tajam pada kuartal kedua 2018 saat Royale Pass diluncurkan yakni dengan mengantongi 496 juta dolar atau sekitar Rp6,9 triliun.

Keuntungan terbesar diraih Tencent selaku developer game eSports PUBG Mobile di negerinya sendiri. Mereka mampu meraup Rp614 miliar dollr atau sekitar 40 persen dari total pendapatan selama hampir dua tahun.

Lalu diikuti Amerika Serikat yang menyumbang 923 juta dolar dan Jepang dengan 117 juta dolar. Angka ini terbilang sangat besar bagi game yang baru seumur jagung.

Bahkan PUBG Mobile berhasil menggaet 600 juta pemain aktif di seluruh dunia dengan India menjadi penyumbang gamers terbesar.

India, negara yang penduduknya memang terkenal maniak bermain PUBG, mencetak rekor 116 juta unduhan, lalu diikuti China dengan 108 juta unduhan dan Amerika Serikat dengan 42 juta unduhan.

Kesuksesan game eSports PUBG Mobile pun berbuah pada ide Tencent selaku pengembang untuk menghadirkan kompetisi bagi gamers amatir hingga profesional dengan sistem liga yang memiliki hadiah besar hingga 5 juta dolar pada 2020 mendatang.