eSports

Visioner, Jerman Berlakukan Visa Khusus eSports untuk Gamers

Selasa, 24 Desember 2019 17:29 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Martini/INDOSPORT
Jerman akan memberlakukan visa untuk para atlet eSports guna memudahkan dalam mengikuti turnamen internasional Copyright: © Martini/INDOSPORT
Jerman akan memberlakukan visa untuk para atlet eSports guna memudahkan dalam mengikuti turnamen internasional

INDOSPORT.COM - Langkan visioner diambil oleh negara Eropa, Jerman, dalam kancah eSports. Belum lama ini negara industri ini mengeluarkan visa khusus bagi para atlet olahraga elektronik tersebut.

Melansir dari Esports Observer, langkah yang diambil Jerman ini karena banyaknya kendala pemain yang datang ke suatu negara dan selalu bermasalah dengan visa. Visa ini dikhususkan untuk kebutuhan eSports yang mulai diperhitungkan di dunia internasional.

Rencananya Jerman akan memberlakukan visa ini pada Maret 2020 mendatang. Keputusan ini memungkinkan semua atlet eSports profesional dari negara-negara non Eropa untuk menjalani prosedur yang mudah untuk mendapat tempat tinggal, sesuai dengan kontrak mereka.

"Perkembangan ini juga dapat berfungsi sebagai model bagi negara-negara lain. Persyaratan visa untuk para profesional eSports harus diselaraskan secara internasional agar memberika akese mudah ke turnamen dan liga bagi para atlet di seluruh dunia," ujar Hans Jagnow yang merupakan presiden Federasi Esports Jerman (ESBD).

Namun untuk mendapatkan visa eSports, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi oleh para atlet. Syarat ini mutlak bagi gamers yang berlaga di turnamen internasional, utamanya Jerman.

"Peraturan visa ini menghalangi pengembangan eSports profesional diseluruh Eropa. Tim dan penyelenggara turnamen sering mengalami kesulitan membawa warga non-Eropa ke negara masing-masing," imbuhnya.

Tentunya dengan adanya inisiasi visa bagi atlet eSports yang dilakukan Jerman dapat menjadi contoh apik bagi negara-negara lain untuk memajukan industri olahraga elektronik ini.