eSports

Terjebak Lockdwon, Top Skor Indonesia Habiskan Ramadan di Thailand

Senin, 11 Mei 2020 12:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Situasi sejumlah negara Asia Tenggara masih belum pulih dari pandemi virus Corona, sehingga membuat salah satu pro player eSports Indonesia terjebak lockdown di Thailand.

Sebagaimana diketahui, setidaknya terdapat tujuh pemain Pro Evolution Soccer (PES) asal Indonesia yang tahun ini berkarir di Liga Thailand, salah satunya adalah Rizal 'Ivander' Danyarta.

Andai situasi pandemi tidak terjadi, tentu Rizal 'Ivander' dkk saat ini sudah menerima hasil akhir kompetisi Thai e-League Pro 2020.

Namun setelah pandemi merebak, laga putaran kedua Thai e-League Pro harus ditunda, dan para pemain terjebak lockdown di Thailand, bahkan harus menghabiskan bulan Ramadan di Negeri Gajah Putih.

Nuansa Ramadan yang berbeda, diakui Rizal 'Ivander' sebagai tantangan. Jika biasanya ia menghabiskan waktu berpuasa di kampung halaman di Solo, kali ini ia bahkan harus merayakan Idul Fitri di negeri orang.

"Alhamdulillah masih bisa puasa. Ya jelas beda suasananya, paling kerasa waktu buka puasanya, beda satu jam dari waktu buka puasa di Solo, lebih lama di Thailand," ungkap Rizal 'Ivander' kepada INDOSPORT.

"Selain itu nuansanya juga beda sih, mungkin di Indonesia mayoritas Muslim, jadi lebih kental aja kalau Ramadan di Indonesia," tambahnya.

Layaknya pemuda Indonesia pada umumnya, Rizal pun mengenang kebiasaan ketika ia menjalani ibadah puasa Ramadan di Solo. Ia kerap kali mengikuti aksi sahur on the road hingga ngabuburit dan buka puasa bersama.

"Kalau di Indonesia kan ada acara-acara buka bersama gitu, sahur on the road, baksos waktu Ramadan, ngabuburit dan lain-lain."

"Tapi kalau di tahun ini ya sama aja sih, kan ada Corona," ujar Rizal sembari tertawa.

Perlu diketahui, Rizal 'Ivander' Danyarta merupakan pro player asal Indonesia yang kini memperkuat tim eSports BG Pathum United di Liga PES Thailand.

Menariknya, hingga kini ia masih berstatus sebagai top skorer Thai e-League Pro 2020 dengan koleksi total 27 gol dari enam pekan jalannya pertandingan.

Sempat mengalami penundaan akibat pandemi virus Corona, ajang Thai e-League Pro 2020 putaran kedua akan kembali dihelat mulai 23 Mei mendatang, namun akan digelar dengan format turnamen online.