eSports

PUBG Selamatkan Nyawa Ribuan Orang di India dari Kebocoran Gas

Kamis, 4 Juni 2020 18:56 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© WallpaperCave
Game eSports paling populer, Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG), menyelamatkan keselamatan gas di India. Copyright: © WallpaperCave
Game eSports paling populer, Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG), menyelamatkan keselamatan gas di India.

INDOSPORT.COM - Game eSports paling populer, Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG) telah menyelamatkan nyawa ribuan orang di desa Venkatapuram, India, dari kebocoran gas mematikan dari pabrik LG Polymers.

Kejadian kebocoran bahan kimia dari pabrik LG Polymers di India tersebut terjadi belum lama ini. Meskipun ada informasi peringatan yang terpasang di sekitaran pabrik, kemungkinan tidak bisa menyelamatkan ribuan nyawa di desa tersebut.

Di desa Venkatapuram sendiri terhitung ada sekitar 1.500 rumah tangga dan memiliki populasi lebih dari 4.000 orang. Sementara itu, pabrik Polimers yang terletak berdampingan dengan desa mereka hampir saja membahayakan ribuan nyawa.

Namun, salah satu penyelamat datang dari game eSports paling populer di seluruh dunia, yakni Player Unknown’s Battle Grounds atau yang lebih dikenal dengan singkatan PUBG. Siapa sangka permainan ini ternyata bisa menyelamatkan orang-orang.

Menurut saksi mata, Pathala Suresh, yang juga penduduk asli desa Venkatapuram telah mengadu kepada Dewan Pengendalian Polusi mengenai bocornya bahan kimia dari pabrik LG Polymers.

Pria yang berusia 27 tahun ini mengklaim bahwa dirinya menerima telepon dari rekan sedesanya, Kiran, yang memberitahu mengenai kebocoran gas kimia tersebut.

“Saya tertidur tetapi teman saya sibuk bermain PUBG, seperti yang dilakukan setiap malam. Saya bertanya kepadanya apa yang terjadi. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia bisa merasakan bau kimia yang kuat,” kata Suresh kepada The Week.

Lokasi pabrik dengan rumah Kiran rupanya hanya berjarak kurang lebih 200 meter dan saat ini rekannya tersebut sudah dilakikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan pertama serta pemulihan dari kebocoran gas tersebut.

“Rumahnya sangat dekat dengan dinding tanaman. Di sisi lain dinding ada tangki penyimpanan tempat gas bocor. Karena dia terjaga bermain game. Dia waspada,” tambahnya.

Melihat ada beberapa kejadian yang aneh, mereka berdua memutuskan untuk menghubungi beberapa rekan lainnya untuk memastikan dan membagi informasi mengenai bau bahan kimia tersebut.

Suresh juga menambahkan bahwa dirinya bersama rekannya tersebut memberanikan diri keluar rumah dan memastikan apa yang terjadi. Lalu mereka memutuskan untuk berkomunikasi dengan petugas yang berwajib untuk menanyakan apa yang sedang terjadi.

Kesulitan pun terjadi setelah pihak kepolisian serta tenaga medis, mereka merasa tidak kuat dengan bau gas kimia yang bocor tersebut. Hal ini berdampak pada operasi penyelaman yang akhirnya sedikit terhambat.

Untung, berkat temannya yang bermain game PUBG tersebut sekitar seribu orang lebih sudah menyelamatkan diri lebih awal karena mendapatkan informasi bahwa gas kimia telah bocor dari pabrik yang berdempetan dengan desa mereka.