eSports

Sony Resmi Perkenalkan PS 5, Begini Penampakannya

Jumat, 12 Juni 2020 04:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PlayStation
Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game generasi terbarunya, Play Station 5, pada 11 Juni waktu setempat atau Kamis (12/05/20) dini hari WIB tadi. Copyright: © PlayStation
Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game generasi terbarunya, Play Station 5, pada 11 Juni waktu setempat atau Kamis (12/05/20) dini hari WIB tadi.

INDOSPORT.COM - Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game generasi terbarunya, Play Station 5, pada 11 Juni waktu setempat atau Kamis (12/06/20) dini hari WIB tadi. 

Pengumuman ini sebelumnya disampaikan langsung oleh Sony di situs resmi Play Station. "Bergabung dengan kami pada 11 Juni pukul 1 PM (PDT) untuk menyaksikan masa depan gaming," tulis Sony. 

Presentasi selama kurang lebih satu jam 15 menit itu menampilkan barisan game-game terbaru yang hadir di konsol PS5. Beberapa di antaranya yang paling menarik perhatian adalah Horizon Zero Dawn, Ratchet & Clank, Resident Evil VIII, Demon's Souls, dan Marvel Spider-man. 

Di akhir presentasi, hardware dari PS5 pun resmi diperkenalkan. PS5 hadir dengan dominasi warna putih dan hitam dengan bentuk yang sangat futuristik dengan sejumlah lekukan dan sudut-sudut tajam asimetri.

© PlayStation
Konsol generasi terbaru dari Sony, PlayStation 5. Copyright: PlayStationKonsol generasi terbaru dari Sony, PlayStation 5.

Perangkat konsol PS5 hadir dalam dua varian yakni versi kaset dan digital. Untuk harganya sendiri hingga saat ini Sony belum membukanya ke publik, namun diperkirakan berkisar antara 450-499 dolar AS.  

Event perkenalan sendiri sebelumnya direncanakan digelar pada 5 Juni lalu. Namun, sebagai respons atas isu rasisme di Amerika Serikat yang marak belakangan ini, pihak Sony pun memilih menundanya. 

PS5 menawarkan teknologi generasi terbaru dalam bermain game. Konsol generasi kesembilan ini hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) dengan kecepatan 3,5 GHz. Proses grafis yang digunakan berbasis RDNA 2 milik AMD. 

Untuk mengakomodasi kebutuhan bermain game tingkat tinggi, PS5 membenamkan RAM 16 GB dengan SSD sebagai ruang penyimpanan. Pemilihan SSD dinilai bakal sangat signifikan bagi performa PS5 lantaran SSD diklaim memiliki performa 10 kali lipat dibanding HDD yang sebelumnya digunakan di PS4. 

Selain mengakomodasi game generasi terbaru, PS5 juga memiliki fitur backward compatibility yang artinya bisa memainkan game-game terdahulu yang sebelumnya ada di PS4. Tentunya akan ada peningkatan performa yang diberikan mesin PS5. 

Sejumlah judul-judul besar dan eksklusif seperti The Last of Us, Horizon Zero Dawn, God of War, Ratchet & Clank, hingga Marvel Spider-man dipastikan bakal kembali hadir dengan sekuel terbarunya di konsol ini. Demikian pula dengan barisan game eSports papan atas dunia seperti FIFA 2021, PES 2021, dan lainnya.  

© PlayStation
Konsol generasi terbaru dari Sony, PlayStation 5. Copyright: PlayStationKonsol generasi terbaru dari Sony, PlayStation 5.

Tak cuma bersaing dengan rival konsol XBOX dan Nintendo, penggunaan teknologi mutakhir yang dibenamkan di dalam PS5 seperti prosesor octa-core, SSD, dan RAM 16GB diharapkan bisa menyaingi kualitas perangkat PC.