eSports

Sambut Hari Olahraga Nasional, Menpora Dorong Geliat Industri eSports

Sabtu, 8 Agustus 2020 12:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi korona. Copyright: © Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi korona.

INDOSPORT.COM - Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dirayakan setiap tanggal 9 September, nampaknya tahun ini akan terasa berbeda karena adanya pandemi Covid-19.

Namun, Menpora Zainudin Amali justru kian melirik peluang eSports sebagai salah satu olahraga yang harus diakui oleh masyarakat, karena sesuai dengan upaya pemerintah dalam kampanye soal social distancing.

Setelah resmi merilis Piala Menpora eSports di awal Agustus, Zainudin Amali kemudian menghadiri peluncuran rangkaian turnamen Free Fire Fall Season 2020 dari Garena Indonesia, Jumat (07/08/20) kemarin.

"Menurut saya, saat kegiatan fisik dan kegiatan lapangan terhenti, maka lebih banyak kegiatan eSports yang harus didorong," ungkap Zainudin Amali.

Sehingga, dalam perayaan Hari Olahraga Nasional 2020, menteri 58 tahun itu turut mengusung eSports sebagai bagian dari industri olahraga dan tourism di Indonesia.

"Makanya di Haornas 2020 nanti itu, kami mengusung tiga tema, sport science, sport tourism, dan sport industry. Esports juga terkait ke dalam tiga tema itu," ujarnya.

Kemudian, ajang Free Fire Fall Season 2020 akan dibuka dengan turnamen Free Fire Master League season II, mulai hari ini, Sabtu (08/08/20). Menpora Zainudin turut menanti kemeriahan acara eSports tersebut.

"Makanya Free Fire Master League season II ini boleh dikatakan menjadi olahraga road to Haornas, yang nanti jatuh pada 9 September," tutupnya.