eSports

Kaleidoskop eSports 2020: RRQ Juara 2 Kali MPL, Listy Chan Minta Maaf

Sabtu, 26 Desember 2020 12:04 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sederet kejutan terjadi di dunia eSports internasional dan Indonesia. Tahun 2020 dibuka dengan kabar menyedihkan dan terus berlanjut karena pandemi global virus corona.

Namun ada pula kabar-kabar bahagia yang terjadi sepanjang tahun ini. Berikut INDOSPORT sajikan kilas balik cabor eSports sepanjang 2020.

Januari

Pada awal Januari 2020, Moonton selaku developer game eSports, Mobile Legends langsung mengumumkan bakal meresmikan turnamen baru. Yaitu, Mobile Legends Development Gaming (MDL) sebagai liga kedua selain MPL secara resmi pada Febuari.

Sementara itu, Indonesia berhasil mengirimkan satu wakilnya untuk berlaga di Grand Finals AESF e-Masters Chengdu 2020 usai Setia Widianto berhasil memenangi game eSports PES pada Regional Qualifiers di Thailand. Setia Widianto berhasil mengalahkan wakil Thailand pada babak semifinal.

Lalu, Musisi ternama Tanah Air, Nazril Irham alias Ariel Noah, buka-bukaan soal alasan di balik pembuatan tim eSports The Pillars. Menurutnya, hal ini berawal dari keisengannya saat duduk di bangku SMA.

Februari

Perubahan wajah yang berbeda dari susunan roster tim EVOS eSports di MPL Indonesia season 5 sempat mengejutkan dunia eSports Indonesia di bulan Februari. Tim berlogo Macan Putih itu akan tampil tanpa Eko ‘Oura’ Julianto.

Lalu di game eSports lain ada kabar membanggakan di mana satu roster BOOM eSports, Mikoto, orang Indonesia pertama berhasil catatkan rekor baru di game Dota 2.

Diketahui, Mikoto telah sukses mencetak rekor terbanyak yakni 10 ribu MMR. Torehan ini sekaligus membuat atlet eSports yang jago midlaner ini melangkahi rekor seniornya, Muhammad "inYourdreaM" Rizky yang hanya bisa mengumpulkan 9 ribu MMR.

Maret

Di bulan Maret, musisi kenamaan Indonesia, Ariel Noah membentuk tim eSports bernama The Pillars. Adapun divisi pertama yang dibentuk adalah Free Fire. Namun baru seumur jagung, divisi ini justru dibubarkan.

Setelah virus Corona menyebar di Indonesia pada Maret, dan mengancam kesehatan masyarakat di wilayah ibu kota, pihak penyelenggara pun terpaksa menutup akses penonton untuk masuk ke arena PMPL 2020. turnamen eSports PUBG Mobile terbesar di Indonesia.

Turnamen eSport game Mobile Legends bertajuk MLBB Development League (MDL) Season 1 baru saja menyelesaikan pertandingan regular seasonnya pada Senin (30/03/2020) lalu. Namun, secara mengejutkan sang tim jagoan, EVOS LEGENDS, harus terhempas di peringkat ke-9.

April

Setelah menjalani liga yang cukup padat selama sebulan terakhir, Bigetron Red Alien dari Bigetron eSports tetap menunjukkan kualitasnya dan berhasil menjuarai ajang PUBG Mobile Pro League (PMPL) season 1, Minggu (5/4/20).

Babak final MPL Indonesia season 5 akhirnya usai. Tim eSports Rex Regum Qeon (RRQ) berhasil memenangkan laga el clasico kontra EVOS Legends dengan skor akhir 3-2, Minggu (12/04/20).

Mei

Tim eSports Resurgence berhasil menjadi juara MPL Malaysia/Singapura season 5, setelah melewati babak grand final dengan mengagumkan pada hari ini, Minggu (03/05/20).

Sederet turnamen game eSports yang berada di bawah naungan Tencent, selaku pengembang game, terpaksa dibatalkan akibat semakin maraknya pandemi virus corona. 

Kini, Tencent kembali membatalkan turnamen dunia cabang game Arena of Valor (AoV). Hasil ini diputuskan karena mereka ingin memprioritaskan kesehatan para pemain dan semua orang yang terlibat dalam turnamen ini.

Juni

Sebanyak 8 tim Esports asal Indonesia dipastikan akan berlaga di ajang MPL Invitational 4 Nation Cup yaitu RRQ Hoshi, EVOS Legends, ONIC Esports, Bigetron Alpha, Alter Ego, Genflix Aerowolf, Aura Fire dan Geek Fam ID.