eSports

Ada PES dan Mobil Legend, eSports untuk Pertama Kali Jadi Cabor Eksibisi di PON Papua

Rabu, 18 Agustus 2021 21:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020 Copyright: © jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020

INDOSPORT.COM - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dipastikan berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, di PON kali ini, olahraga eSports untuk kali pertama dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi. 

Eksibisi eSports PON XX  Papua 2021 akan mempertandingkan tiga cabang gim, yaitu eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire. 

"Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana olahraga esports masuk dalam rangkaian PON," kata Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum dalam keterangan pers, Rabu (18/08/21).

Bambang Sunarwibowo berharap, masuknya cabang olahraga esports di PON memberikan kesempatan bagi  pecinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama daerah masing-masing. Selain itu, momen ini jadi wadah bagi PBESI dalam memantau bibit atlet potensial.

Seperti diketahui, Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional (KONI) meresmikan eSports sebagai cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI). PBESI dipimpin oleh Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. sebagai ketua umum.

Nantinya, atlet esports terbaik dalam eksibisi eSports PON XX Papua 2021, mendapat kesempatan menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina PBESI. Mereka dipersiapkan ikut turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia seperti Sea Games, Asian Games, dan lainnya.