Cabor Softball Jadi Laga Pembuka PON XX Papua

Jumat, 13 Agustus 2021 22:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Lapangan Softball PON XX Papua yang dibangun di kompleks AURI Sentani, Kabupaten Jayapura Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Lapangan Softball PON XX Papua yang dibangun di kompleks AURI Sentani, Kabupaten Jayapura

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga (cabor) softball akan jadi pertandingan pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. Pertandingan itu nantinya akan berlangsung pada 22 September mendatang. 

Opening PON Papua sejatinya baru dimulai 2 Oktober. Namun, seperti biasa,  ada beberapa cabor yang kerap dimainkan lebih awal karena harus melewati fase penyisihan dan softball jadi pembuka di PON tahun ini.

"41 hari menuju pertandingan pertama PON 2021, cabang olahraga softball itu sudah akan mulai bertanding pada 22 September yang akan datang,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman dalam keterangan, Kamis (12/08/21). 

PON Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga, ditambah 10 cabor eksebisi. Rencananya cabor eksibisi itu baru akan diikutkan dalam PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024.

Saat ini, seluruh kontingen provinsi sudah mendaftarkan atlet dan ofisialnya dengan total jumlah atlet sebanyak 6496 orang. Sementara ofisial 50 persen dari jumlah tersebut atau sebanyak 3300 orang.

Marciano Norman menegaskan, PON XX di Papua tetap berjalan sesuai jadwal yakni pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021. Kejuaraan digelar di 4 tempat yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.