Sukses di CTFA U-20, Timnas Futsal Indonesia Dikritik Justin Lhaksana

Minggu, 28 April 2019 19:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justin Lhaksana Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justin Lhaksana

INDOSPORT.COM – Direktur Teknik Timnas Futsal Indonesia, Justinus Lhaksana, memberikan evaluasi terhadap penampilan Timnas Futsal U-20 yang berlaga di ajang CTFA U-20 Futsal Invitational 2019.

Timnas Futsal U-20 berhasil meraih 2 kemenangan dan sekali kekalahan. Dua kemenangan diraih dari China Taipei dan Iran, sementara kekalahan dialami saat melawan Jepang.

Coach Justin memberi apresiasi kepada pelatih Kensuke Takahashi dan pemain Timnas Futsal U-20 yang tampil maksimal di CTFA U-20 Futsal Invitational. Ia mengaku sama sekali tidak terlibat dalam persiapan Timnas Futsal U-20 pada ajang tersebut.

Meski begitu, Coach Justin menilai masih ada target yang lebih tinggi ketimbang kemenangan di laga uji coba. Ia menargetkan Timnas Futsal Indonesia berprestasi di Piala Asia U-20 2019 Iran pada bulan Juni.

“Kita akhir Juni akan ke Iran ikut Piala Asia, dan itu lebih penting daripada sekadar uji coba. Uji coba tujuannya untuk bereksperimen dan itu telah dilakukan oleh Ken,” kata Justin dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Minggu (28/04/19).

Coach Justin memuji kontrol emosi pemain Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang, terutama saat terjadinya gol kontroversial yang merugikan Indonesia. Selain itu, ia juga memuji pemain pivot Indonesia yang tampil kuat dan dinamis.

Namun demikian, pemain Indonesia masih kerap terburu-buru dalam penyelesaian akhir. Di laga melawan China Taipei, Coach Justin juga mengkritik mental pemain yang kerap egois dan bernafsu mencetak gol.

“Lawan China Taipei babak pertama unggul 6-0, tapi di babak kedua kembalilah penyakit-penyakit yang selalu menerpa pemain-pemain kita, tidak respek, egois, ujung-ujungnya berdasarkan babak kedua kita kalah 0-1, skor 6-1.”

“Ini yang harus diubah, pemain harus sadar bahwa setiap match ia a final, harus memberikan segalanya. Ini masalah mental, mindset,” ujar Justin.

Justin menilai setiap lawan Timnas Futsal U-20 di CTFA U-20 Futsal Invitational memberikan pelajaran yang berbeda. Ia berharap Merah Putih bisa terus berkembang jelang Piala Asia U-20 2019 di Iran.

Mengenang Herlina Kasim, Sang Kartini Sepak Bola Indonesia

Ikuti Terus Berita Timnas Futsal U-20 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM