Gagal ke Final, Eks Pelatih: Timnas Futsal U-20 Punya Prospek Cerah

Jumat, 21 Juni 2019 19:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@kbri_tehran
Skuat Timnas Futsal Indonesia U-20 merayakan kemenangan di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19). Copyright: © Twitter/@kbri_tehran
Skuat Timnas Futsal Indonesia U-20 merayakan kemenangan di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19).

INDOSPORT.COM - Timnas futsal Indonesia U-20 baru saja menelan kekalahan dari Afghanistan di babak semifinal Piala AFC U-20, Kamis (20/06/19) di Shahid Poursharifi, Tabriz, Iran. Skuat Garuda Muda menyerah 3-4 sehingga gagal melaju ke babak final.

Kendati demikian, kiprah Timnas futsal U-20 tetap mendapat apresiasi tinggi. Mantan pelatih Timnas futsal Indonesia, Dadang Iskandar secara terbuka mengatakan tim binaan Kensuke Takahashi itu punya prospek yang sangat cerah.

Dadang bahkan berharap para pemain Timnas futsal U-20 tetap mendapat perhatian lebih karena merepresentasikan skuat senior beberapa tahun mendatang.

"Timnas U-20 punya prospek yg bagus. Saya berharap tim ini bisa diproyeksikan untuk jangka panjang dengan pembinaan yang berkesinambungan," katanya.

"Memang untuk membentuk sebuah tim yang tangguh perlu proses yang tidak instan. Ke depannya mereka harus banyak terlibat pada pertandingan-pertandingan yang levelnya semakin progresive sehingga akan menambah pengalaman dan peningkatan psikis yang lebih positif," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dadang Iskandar menilai kekalahan Timnas futsal Indonesia U-20 dari Afghanistan disebabkan faktor kelelahan dan juga hilang konsentrasi lantaran padatnya jadwal pertandingan. Secara kualitas tim Merah Putih tak kalah kelasnya dari Afghanistan.

"Tentunya dalam pertandingan yang long time ada penurunan konsentrasi. Makanya hal itu yang dimanfaatkan lawan, dan kalau secara kualitas kita masih sama dengan lawan," tutupnya.