Hasil Piala AFF Futsal 2019: Libas Myanmar, Indonesia ke Final

Jumat, 25 Oktober 2019 19:10 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© Ical/Media FFI
Timnas Futsal Indonesia berhasil melaju ke partai final Piala AFF Futsal 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3, Jumat (25/10/19). Copyright: © Ical/Media FFI
Timnas Futsal Indonesia berhasil melaju ke partai final Piala AFF Futsal 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3, Jumat (25/10/19).

INDOSPORT.COM Timnas Futsal Indonesia berhasil melaju ke partai final Piala AFF Futsal 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 pada laga yang digelar di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Jumat (25/10/19).

Kensuke Takahashi langsung memainkan paket permain terbaiknya di babak pertama, terdiri dari Iksan Rahadian, Muhamad Rizki Xavier, Iqbal Rahmatullah, Marvin Alexa, dan Andri Kustiawan.

Bermain menekan, skuat Garuda menemui benteng tebal pertahanan Myanmar. Memanfaatkan sektor flank, para pemain Indonesia menciptakan sejumlah peluang. Serangan yang dipimpin Iqbal Rahmatullah membuat pertahanan lawan mulai goyah. Sayangnya, belum ada gol yang tercipta.

Usaha keras anak asuh Kensuke Takahashi akhirnya membuahkan hasil pada menit-menit akhir babak pertama. Adalah Firman Ardiansyah yang memecah kebuntuan lewat golnya beberapa saat sebelum jeda.

Mendapatkan bola di sisi kanan pertahanan lawan, Firman melepaskan tembakan akurat yang menjebol gawang Myanmar. Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Myanmar.

Tertinggal satu gol di babak pertama, Myanmar coba bangkit di babak kedua. Mereka berani lebih menekan pertahanan Indonesia. Terus menekan, Myanmar akhirnya mampu menyamakan skor melalui Naing Ye Kyaw, memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Tersengat oleh gol Myanmar, coach Kensuke meminta para pemainnya bermain lebih agresif. Pasukan Garuda pun kembali menekan melalui duet Ardiansyah Runtuboy dan Andri Kustiawan.

Serangan Indonesia membuahkan hasil pada menit ke-8 babak kedua. Andri Kustiawan berhasil menjebol gawang Myanmar memanfaatkan sodoran Ardiansyah Runtuboy. Indonesia kembali unggul 2-1 atas Myanmar.

Beberapa menit kemudian, Indonesia mampu menambah gol melalui Subhan yang dengan cerdik memanfaatkan situasi set piece. Unggul dua gol, Indonesia mengendurkan serangan. Akibatnya, gawang skuat Garuda pun bobol oleh gol kedua Myanmar yang dicetak oleh Nyein Min Soe.

Drama kemudian terjadi di pengujung babak kedua. Indonesia sempat kembali menjauh melalui gol Marvin Alexa. Namun lagi-lagi Myanmar mampu membalas lewat gol PP Maung.

Setelah melewati drama menegangkan di akhir babak kedua, Indonesia akhirnya mampu memenangkan laga dengan skor akhir 4-3 atas Myanmar, sekaligus mengamankan satu tiket di partai final.

Di laga final Piala AFF Futsal 2019, Indonesia akan bertemu Thailand yang di pertandingan semifinal lain mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%