Hasil Final AFF Futsal Championship 2022 Thailand vs Timnas Indonesia: Penalti Kubur Mimpi Garuda

Minggu, 10 April 2022 19:39 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© AFF Futsal/FAT
Laporan hasil final AFF Futsal Championship antara Thailand vs timnas Indonesia pada Minggu (10/04/22) dengan skor 5-4 usai adu penalti. Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Laporan hasil final AFF Futsal Championship antara Thailand vs timnas Indonesia pada Minggu (10/04/22) dengan skor 5-4 usai adu penalti. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah laporan hasil pertandingan final AFF Futsal Championship 2022 antara Thailand vs timnas Indonesia yang digelar pada Minggu (10/04/22) petang di mana Garuda harus menunda untuk kembali jadi juara usai takluk via adu penalti.

Thailand sukses menunjukkan mental pemenang pasca tertinggal dua gol terlebih dahulu di waktu normal sebelum comeback pada detik-detik krusial.

Bagi skuat Tóa lĕk, ini adalah gelar AFF Futsal Championship ke-16 mereka yang mana semakin mengukuhkan status sebagai raja futsal Asia Tenggara.

Ini artinya puasa gelar Timnas Indonesia sejak menjadi kampiun edisi 2010 lalu masih berlangsung kendati demikian anak-anak asuhan Mohammad Hashemzadeh tetap patut berbangga.

Dengan persiapan yang sebenarnya sangat mepet, Merah-Putih mampu bermain apik hingga babak final dengan skema menawan racikan sang pelatih asal Iran.

Timnas Indonesia nyaris kemasukan saat pertandingan baru berjalan dalam hitungan detik saja usai Panut Kittipanuwong berhasil merangsek ke area pertahanan tim tamu.

Beruntung kiper Muhammad Albagir mampu menutup ruang tembak sang bintang Thailand sehingga bola hanya menerpa tiang gawang.

Evan Soumilena kemudian membawa timnas Indonesia mencetak gol lebih dulu saat laga babak pertama aktif berjalan delapan menit.

Berawal dari steal Firman Ardiansyah di wilayah pertahanan Thailand, bola kemudian diteruskan pada Evan yang tanpa membuang waktu langsung menembak dan bikin gol tepat di hadapan kiper Katawut Hankampa.

Thailand kemudian berusaha untuk mencetak gol balasan namun hingga babak pertama usai timnas Indonesia masih tetap unggul 0-1.