Woods Mundur dari Pencalonan Tim Ryder Cup

Kamis, 14 Agustus 2014 11:59 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Sehari setelah kapten tim golf AS, Tom Watson, menyatakan kepercayaan terhadap Tiger Woods, pria berusia 38 tahun itu menelepon sang kapten. Woods menyatakan kepada pria berusia 64 tahun itu bahwa dirinya tak cukup bugar sebagai salah satu kandidat skuad tim AS untuk Ryder Cup 2014.

"Saya telah bicara dengan Tom tentang Ryder Cup, dan sementara saya menghargai niat dia yang mungkin memilih saya sebagai anggota tim, saya menyatakan menarik dari dari pencalonan," ucap Woods dalam rilis resmi di situs pribadinya. "Tim AS dan Ryder Cup sangat berarti untuk saya dan saya merasa tak mampu memberikan yang terbaik (untuk saat ini)."

Keputusan Woods membuat Watson makin pasti menentukan siapa saja yang akan bertanding mewakili Negeri Paman Sam saat menghadapi tim Eropa di Gleneagles pada 26-28 September mendatang.

Tahun ini, peringkat terbaik Woods adalah posisi ke-25, setelah berkutat dengan cedera punggung pasca-operasi pada 31 Maret lalu.

Woods harus kehilangan kesempatan berlaga dalam dua turnamen golf grand slam, termasuk The Masters untuk kali pertama dia harus absen. 

Woods harus tersingkir sebelum hari terakhir, ketika berlaga pada The Open 2014 (Inggris Terbuka), Bridgestone Invitational 2014 (AS), dan PGA Championship 2014.

Saat Inggris Terbuka, Woods menyelesaikan lomba pada posisi ke-69 dengan total 72 pukulan dna itu adalah prestasi terburuk sepanjang penampilan di turnamen golf grand slam.

"Harapan utama saya untuk Tiger adalah segera kembali bugar dan kompetitif. Saya berharap dia akan kembali ke arena pertandingan secepatnya," tandas Watson di laman resmi PGA Amerika. "Tentu saja saya kecewa setelah Tiger Woods meminta untuk mundur dari pencalonan tim AS untuk Ryder Cup dan kondisi kesehatan yang jadi penyebabnya. Bagaimanapun, saya pikir kita sepakat bahwa kita perlu Tiger Woods demi kebesaran olahraga ini dan dia berjiwa besar sudah menginformasikan semua ini lebih awal dalam proses seleksi."

Masih dari Watson, fokus dirinya tetap menentukan tiga pegolf untuk direkrut dalam tim AS. "Mereka akan menjadi kunci kesuksesan (AS) di Gleneagles," tegas dia lagi.

Saat ini, Watson sudah memilih tiga pegolf rookie, Jordan Spieth, Jimmy Walker, dan Patrick Reed. Mereka akan menghadapi tim Eropa yang diperkuat pegolf top saat ini, Rory McIlroy plus tiga pegolf lagi yang berada dalam lima besar dunia.

Watson harus mengirimkan para pegolf AS dalam tiga pekan ini. Dia akan mengumumkan daftar pegolf pilihannya pada 02 September mendatang di New York.

Di lain pihak, Woods menyatakan tak akan kembali ke arena golf sebelum akhir tahun, di mana dia akan turun dalam World Challenger 2014 di Orlando, Florida pada pekan pertama Desember nanti.

2