NgabubuSwing, Tren Baru Berupa Gabungan Turnamen Golf dan Beramal

Rabu, 20 April 2022 07:36 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Ngabubuswing
Aktor Gading Marten berpartisipasi dalam turnamen golf Ngabubuswing MS Glow, Selasa (19/4/22). Copyright: © Ngabubuswing
Aktor Gading Marten berpartisipasi dalam turnamen golf Ngabubuswing MS Glow, Selasa (19/4/22).

INDOSPORT.COM - Olahraga golf di Indonesia mengalami perkembangan signifikan selama beberapa tahun terakhir, khususnya di era pandemi. Orang mulai berbondong-bondong menjajal kegiatan yang bisa dibilang identik dengan golongan ekonomi menengah ke atas tersebut. 

Di tengah animo yang terus meningkat, terlebih bertepatan dengan momentum Ramadan, sejumlah komunitas golf berinisiatif menggelar sebuah turnamen unik bertajuk NgabubuSwing MS Glow di Padang Golf Pangkalan Jati, Cinere, Depok, Selasa (19/4/22). 

Dikatakan unik karena tujuan utama dari ajang ini adalah beramal atau bersedekah. Ada pun mekanismenya adalah jumlah poin yang didapat para peserta nanti akan menentukan nominal sumbangan untuk beberapa panti asuhan. 

"Di bulan yang penuh berkah ini, bersedekah kepada mereka yang membutuhkan merupakan hal yang sangat dianjurkan setiap agama, yang juga dapat menjadi sumber menambah pahala," kata penyelenggara NgabubuSwing MS Glow, Douglas Kertapati, kepada awak media. 

"Konsep Ngabubuswing MS Glow berupa turnamen golf sambil beramal ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Di luar negeri sudah sering, namun di sini belum pernah ada. Mudah-mudahan apa yang kami terapkan bisa menjadi inspirasi untuk cabang olahraga lain juga," cetus pencetus ajang Golfest tersebut. 

Ada pun konsep turnamen golf sambil beramal dalam ajang NgabubuSwing MS Glow bertajuk "Hunt for Par & Birdie". Artinya, setiap tim yang mencatat skor Par, Birdie, bahkan Eagle akan lebih banyak atau ekstra mendonasikan uang hadiah kepada pondok yatim dan dhuafa. 

Sehingga, seluruh peserta berlomba-lomba mengejar skor terbaik untuk mendonasikan uang lebih besar. Tak lupa, peserta terbaik juga akan mendapatkan hadiah dan ada doorprize menarik bagi peserta yang beruntung. 

"Total sumbangan yang terkumpul adalah Rp20 juta. Seharusnya bisa lebih banyak lagi andaikan tadi tidak terkendala cuaca hujan deras. Aturan 18 hole terpaksa dikurangi, sehingga turnamen NgabubuSwing MS Glow kurang tuntas," ujar Douglas. 

Uang tersebut nantinya didonasikan kepada lima yayasan yang tersebar di Pulau Jawa, antara lain Yayasan Amal Mulia Indonesia, Panti Asuhan Al-Amanah, Yayasan Al-Mukhlisin Wonodadi, Pondok Pesantren Qodrul Ghoist, dan Tahfidz Bina Umat. 

Selain itu, NgabubuSwing juga menghadirkan anak-anak dari dua panti asuhan sekitar lokasi, yakni Daarul Ulum Cirendeu dan Yayasan As-Salam. Mereka diajak berbuka puasa bersama serta menerima donasi berupa kebutuhan pokok dan buku-buku tafsir Al Quran.