The Iron Sheik, Anak Haji Sekaligus Jebolan Militer yang Jadi Legenda WWE

Rabu, 24 Mei 2023 15:47 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Ben Rose/Getty Images
Hossein Khosrow Ali Vaziri atau The Iron Sheik merupakan salah satu legenda hidup WWE, yang juga dikenal sebagai musuh besar Hulk Hogan. Copyright: © Ben Rose/Getty Images
Hossein Khosrow Ali Vaziri atau The Iron Sheik merupakan salah satu legenda hidup WWE, yang juga dikenal sebagai musuh besar Hulk Hogan.

INDOSPORT.COM – Hossein Khosrow Ali Vaziri atau The Iron Sheik merupakan salah satu legenda hidup WWE, yang juga dikenal sebagai musuh besar Hulk Hogan.

Nama The Iron Sheikh tidak bisa dipisahkan dari sosok Hulk Hogan, karena keduanya memang bersaing sengit di atas ring WWE pada era 80-an yang memang menjadi masa kejayaan mereka.

Apalagi penampilan Vaziri begitu ikonik ala Sheik dari Timur Tengah yakni menggunakan sorban kaffiyeh dan kumisnya yang sangat melekat di ingatan para pecinta gulat.

Pria yang kini berusia 81 tahun itu mengawali debutnya di dunia gulat ialah saat bergabung dengan timnas di Olimpiade 1968 di Meksiko, dan merupakan peraih medali emas di kejuaraan gulat pada 1971.

Pada tahun 1973, ia mengawali kariernya sebagai pegulat profesional setelah ditawari promotor Verne Gagne untuk terjun ke gulat professional di Amerika Serikat.

Sejak saat itu kariernya terus menanjak, apalagi dengan menggunakan nama gimmick The Great Hossein Arab, di mana di saat itu kondisi politik antara Amerika dan Iran tengah memanas.

Hal ini membuat WWF mengajaknya untuk tampil di WWE dan mengganti namanya menjadi Iron Sheik pada tahun 1979, dan menjadi awal karier kesuksesannya di dunia gulat dengan menjadi juara di WWE Battle Royal.

Namanya makin terkenal setelah perseteruannya dengan Hulk Hogan pada Januari 1984 silam, yang menjadi awal gimmick tensi panas antara keduanya.

Berkat prestasi dan pengaruhnya di ajang sportainment tersebut, Vaziri akhirnya dilantik masuk dalam daftar WWE Hall of Fame pada 2005.

Namun siapa sangka dibalik prestasi, sosok antagonis dan pengaruhnya yang besar di WWE, ternyata The Iron Sheik merupakan anak seorang haji dan merupakan mantan militer di Iran.