Dibuat Emosi Juri, Karateka Filipina Ngamuk Tak Mau Terima Medali SEA Games 2023

Minggu, 7 Mei 2023 10:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© SEA Games 2023
Dinyatakan kalah dari atlet Malaysia Shahmalarani Chandran di final, karateka elit Filipina, Junna Tsukii, ngamuk tak mau terima medali SEA Games 2023 Kamboja. Copyright: © SEA Games 2023
Dinyatakan kalah dari atlet Malaysia Shahmalarani Chandran di final, karateka elit Filipina, Junna Tsukii, ngamuk tak mau terima medali SEA Games 2023 Kamboja.

INDOSPORT.COM – Dinyatakan kalah dari atlet Malaysia Shahmalarani Chandran di final, karateka elit Filipina, Junna Tsukii, ngamuk tak mau terima medali SEA Games 2023 Kamboja.

Multievent SEA Games 2023 digelar pada 5-17 Mei dan mempertandingkan total 36 cabang olahraga (cabor), termasuk karate.

Cabor karate di gelar di Hall A, Pusat Kovernsi Changvar Phnom Penh, Kamboja, dengan memperebutkan total 17 medali dari dua kategori, yakni Kata dan Kumite.

Per Minggu (7/5/23) sudah ada beberapa pemenang dari cabor karate. Hanya saja sejak dibukanya, karate telah dihantam sejumlah kontroversi.

Dilansir laman One Sports, sebuah aksi kontroversial dilakukan oleh juara dunia asal Filipina, Junna Tsuki, usai menjalani laga perebutan emas karate kumite 50kg putri SEA Games 2023.

Dalam pertandingan itu, Juna Tsukki bermain ketat dan imbang 3-3 saat melawan Shahmalarani Chandran dari wakil Malaysia.

Namun, pada akhirnya tiga juri sepakat memilih Shahmalarani Chandran sebagai pemenang, sehingga Junna Tsuki harus puas meraih perak SEA Games 2023.

Junna Tsuki yang sepanjang riwayatnya telah memenangkan dua medali emas SEA Games, tak bisa menyembunyikan kekecewaan pada keputusan juri.

Dilansir laman Zing News, karateka Filipina berusia 31 tahun itu bahkan disebut enggan menerima medali SEA Games 2023.

Demikian bunyi headline Zing News,”Karateka Filipina Menolak Naik Podium untuk Menerima Medali (SEA Games 2023).”