Didiskualifikasi dari Kompetisi Maraton, Pelari 70 Tahun Ditemukan Tewas

Kamis, 11 Juli 2019 16:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Los Angeles Times
Frank Meza, pelari berusia 70 tahun yang diduga melakukan kecurangan saat lomba lari. Copyright: © Los Angeles Times
Frank Meza, pelari berusia 70 tahun yang diduga melakukan kecurangan saat lomba lari.

INDOSPORT.COM - Seorang pelari berusia 70 tahun, Frank Meza, ditemukan tewas di sungai Los Angeles setelah didiskualifikasi dari kompetisi L.A. Marathon.

Dilansir dari situs berita olahraga Yahoo! Sports, pihak berwajib mengumumkan pada Senin (08/07/19) waktu setempat, bahwa ditemukan adanya beberapa luka traumatis akibat benda tumpul di tubuh korban dan ia diduga tewas akibat bunuh diri.

Frank diduga melompat dari jembatan hingga akhirnya ditemukan mengambang di sungai Los Angeles setelah berhari-hari pasca-dicoretnya ia dari kompetisi L.A. Marathon.

Frank berhasil menjadi pelari tercepat di kategori peserta 70 tahun dengan catatan waktu 2:53:10, dalam ajang maraton yang berlangsung di Los Angeles pada 24 Maret 2019 lalu.

Tetapi belum sampai empat bulan setelah Meza berhasil mencatatkan rekor, pihak penyelenggara Los Angeles Marathon resmi mencoret namanya dari daftar penerima penghargaan atas rekornya.

Pelari Amerika Serikat tersebut didiskualifikasi karena tertangkap melakukan kecurangan selama berlari. Pihak penyelenggara, L.A. Marathon merasa curiga karena mustahil Meza mencatat waktu secepat itu di usianya yang sudah renta.

Aksi kecurangan atlet lari 70 tahun tersebut lantas ketahuan ketika operator lomba memutar ulang rekaman kamera keamanan, di mana pada satu titik Meza terlihat meninggalkan jalur lari dan masuk kembali di titik lainnya.