Dituntut untuk Turunkan Berat Badan, Petarung MMA Ini Meninggal Dunia

Kamis, 10 Januari 2019 15:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© News AU
Lindsay (tengah) tewas setelah bekerja keras menurunkan berat badannya Copyright: © News  AU
Lindsay (tengah) tewas setelah bekerja keras menurunkan berat badannya

INDOSPORT.COM – Jessica Lindsay, petarung remaja MMA ini meninggal dunia usai bekerja keras untuk menurunkan berat badan demi mengikuti sebuah turnamen Muay Thai.

Remaja asal Perth, Australia itu tewas hanya beberapa jam sebelum pengukuran berat badan resmi untuk pertandingan Muay Thai pada 2018 lalu, seperti dilansir dari News.au

Kala itu, Lindsay sedang jogging bersama saudara perempuannya yang berusia 14 tahun, Grace, dan secara tiba-tiba ia jatuh pingsan di jalan. Kegiatannya itu dilakukannya untuk memenuhi batas minimum berat badan yang telah ditentukan yakni 64 kilogram.

Kemudian pada 10 November, hari ketika Lindsay pingsan, adik perempuannya membawa atlet berusia 18 tahun itu ke rumah sakit setempat. Setibanya di sana, detak jantungnya melemah dan harus mendapatkan perawatan intensif dari pihak medis.

Namun sayang, nyawa Lindsay tak tertolong, ia meninggal karena kegagalan fungsi organ utama tubuh beberapa hari kemudian. Sharron, selaku ibu dari Lindsay kini gencar melakukan kampanye terkait tuntutan penurunan berat badan di ajang MMA, agar atlet lain tak mengalami hal serupa.

Kini Komite Atletik Australia telah mengubah peraturan terkait penurunan berat badan bagi atlet. Salah satunya adalah melarang setiap petarung menggunakan sauna untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, pelatih dan promotor pertandingan bisa dicabut izin kerjanya jika terbukti mengancam keselamatan petarung selama program penurunan berat badan.

Komite Atletik Australia juga akan memantau kesehatan atlet melalui tes urine sebelum pertandingan. Hal ini bertujuan agar kasus kematian Lindsay tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Terus Ikuti Berita Olahraga Seputar MMA dan UFC Hanya di INDOSPORT