Sosok Viacheslav Datsik, Petarung MMA yang Pernah Kabur dari Rumah Sakit Jiwa

Rabu, 27 Februari 2019 20:17 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Sport Bible
Petarung MMA asal Rusia yang penuh kontroversi Copyright: © Sport Bible
Petarung MMA asal Rusia yang penuh kontroversi

INDOSPORT.COM – Viacheslav Datsik, merupakan salah satu petarung legenda MMA yang dikenal dengan sederet kontroversi yang dibuatnya. Datsik juga diketahui pernah merasakan dirawat di rumah sakit jiwa.

Datsik memang mungkin bukan salah satu petarung yang menjadi favorit banyak orang, akan tetapi ia merupakan salah satu olahragawan yang cukup unik.

Petarung asal Rusia itu pertama kali menjadi terkenal dalam debutnya di MMA ketika ia berhadapan dengan Andrei Arlovski pada 1999. Arlovski kemudian menjadi juara kelas berat UFC dan menghadapi beberapa nama besar di divisi ini.

Sementara petarung berusia 42 tahun itu tidak pernah bertarung di UFC dan hanya memiliki catatan karier dalam 15 pertarungan dengan enam kemenangan dan dua kali kalah karena didiskualifikasi.

Pada 2004, ia banting stir ke dunia tinju di mana memiliki karier yang lebih baik dan mendapatkan rekor 6-1. Pada 2006, setelah pertarungan terakhirnya, Datsik sempat menghilang dan di klaim bahwa ia telah meninggal dalam kecelakaan kereta api.

Namun setahun kemudian desas-desus itu terpatahkan, ketika ia ditahan karena terlibat dalam perampokan bersenjata di St Petersburg. Kemudian divonis menderita skizofrenia dan menghindari tuduhan kriminal tetapi ditahan di rumah sakit jiwa.

Seperti tak pernah kapok, ia Datsik malah melarikan diri dari klinik jiwa pada 2010 dengan membuat lubang di pagar dengan tangannya sendiri dan kemudian melarikan diri ke Norwegia sebelum ditangkap oleh pihak berwenang.

Selama berada di penjara di Norwegia, Datsik kembali dilaporkan bahwa ia telah meninggal, kali ini karena perkelahian. Meski demikian, rumor tersebut kembali terpatahkan setelah ia dikabarkan sudah bebas dari penjara dan mencari petarung baru untuk menjadi rivalnya meski sudah tak bertarung sejak 2006 silam.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%