Ingin Jadi Petarung MMA Seperti Khabib Nurmagomedov atau Conor McGregor? Begini Caranya

Rabu, 17 April 2019 15:56 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @TeamKhabib
Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor, dua petarung MMA yang sudah memiliki banyak prestasi. Copyright: © Twitter @TeamKhabib
Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor, dua petarung MMA yang sudah memiliki banyak prestasi.

INDOSPORT.COM - Dalam kurun beberapa tahun terakhir, olahraga bernuansa pertarungan seperti  Mixed Martial Arts (MMA) sedang naik kepopulerannya di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Tidak heran, bila banyak orang pula yang berharap bisa menggeluti karier sebagai karier apalagi setelah melihat kepopuleran nama-nama seperti Conor McGregor dan Khabib Nurmagedov yang hebat sebagai seorang petarung.

Namun, tidak semua orang tahu cara yang benar agar bisa menjadi seorang petarung seperti nama-nama di atas. Berikut ini ada sejumlah tips yang dirangkum portal berita olahraga INDOSPORT.

1. Disiplin

Kedisiplinan adalah kunci semua kesuksesan, tidak terkecuali untuk menjadi petarung sejati MMA. Disiplin yang dibutuhkan di sini adalah disiplin dalam berlatih. Jangan pernah malas untuk berlatih. Karena satu kemalasan akan menimbulkan kemalasan yang lainnya.

2. Jangan Manja

Latihan yang sempurna memang membutuhkan tempat yang tepat seperti di gym. Namun, Anda bisa berlatih dimanapun tanpa harus repot-repot pergi ke gym.

Anda bisa membuat sendiri karung tinju untuk sasaran pukulan. Anda juga bisa melatih tubuh Anda di lapangan atau ruangan yang luas di dalam rumah Anda.

3. Pilih Gaya Bertarung

Untuk bisa mengalahkan lawan, Anda tidak bisa melancarkan serangan tanpa ilmu. Pilihlah gaya bertarung yang sesuai dengan minat Anda. Jika Anda ingin lebih mengandalkan tangan, Anda bisa memilih gaya bertarung boxing (tinju) seperti McGregor. Jika Anda ingin lebih menggunakan kaki, Anda bisa memilih Taekwondo atau Capoeira.

4. Tingkatkan Ketahanan Tubuh

Dalam pertarungan sebenarnya, para petarung diharuskan untuk siap melancarkan serangan 3 sampai 5 menit berkali-kali. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan durasi kardio seperti jogging sedikit demi sedikit.

5. Latih Kekuatan Tubuh

Salah satu faktor yang menentukan kemenangan dan kekalahan adalah kekuatan serangan. Sit-up adalah salah satu jenis latihan wajib bagi para jawara. Latihan ini akan menguatkan otot perut.

Apa hubungannya otot perut yang kuat dengan kekuatan serangan? Karena, segala kekuatan pukulan dan tendangan berasal dari otot-otot perut seperti yang dilansir dari situs berita olahraga The MMA Guru.

Dengan otot perut yang kuat, serangan yang dilancarkan akan makin kuat pula. Para petarung profesional bahkan melakukan sit-up sampai 300 kali per hari.

6. Lakukan Plyometrics

Plyometrics adalah suatu jenis fitnes yang menggunakan gerakan-gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot agar menghasilkan gaya yang besar dan cepat.

Salah satu jenis plyometrics yang paling sering digunakan adalah plyometric push-up, yaitu gerakan push up, tapi tangan harus mendorong tubuh dengan kuat agar tubuh terangkat beserta kedua tangannya. Gerakan ini bisa dikombinasi dengan bertepuk tangan 1 kali saat tubuh dan tangan terangkat.

Dengan rajin melakukan latihan-latihan tersebut, bukan tidak mungkin Anda bisa menandingi kemampuan bertarung dari Conor McGregor atau Khabib Nurmagomedov. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Ikuti Terus Informasi Seputar Tips n Trik Serta Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%