Presiden UFC Pastikan Duel Jalan Terus meski Ada Ancaman Corona

Jumat, 13 Maret 2020 21:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jeff Bottari/Zuffa LLC
Presiden UFC, Dana White. Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC
Presiden UFC, Dana White.

INDOSPORT.COM - UFC ada di bawah tekanan besar publik untuk memberikan respons tentang bagaimana mereka menangani acara yang akan datang. Banyak Liga Olahraga terpaksa menunda musim 2019-20 yang sedang berlangsung. Sejauh ini Liga NBA juga mengambil langkah tersebut.

Sebelumnya, virus corona dinyatakan sebagai pandemik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, Ultimate Fighting Championship (UFC) tak mau mengikuti kompetisi lain, yang menghentikan sementara aktivitasnya menyusul makin gilanya penyebaran wabah virus (COVID-19).

Presiden UFC, Dana White, sampai sekarang masih bersikukuh menggelar pertandingan yang sudah dijadwalkan, meski virus corona terus meluas.

Sehari setelah deklarasi oleh WHO, UFC merespons. Dana White, dalam sebuah pidato di media (H/T MMA Fighting), merinci pendekatan UFC dalam menghadapi ancaman (COVID-19).

"Saya sudah berkomunikasi dengan Presiden dan Wakil Presiden tentang masalah ini. Mereka menyikapinya dengan serius. Mereka bilang, 'Waspada, hati-hati, tetap jalani hidup dan tak usah panik'."

"Ketimbang panik, kami lebih baik bekerja dengan dokter, otoritas kesehatan, dan pemerintah, demi mengetahui bagaimana caranya olahraga ini bisa berlangsung dengan aman," kata White dilansir MMA Fighting.

Dia mengatakan bahwa UFC bekerja langsung dengan Komisi Atletik Negara Bagian Nevada (NSAC) dan berucap bahwa keselamatan penggemar, staf dan atlet adalah prioritas utama. Lalu tampaknya acara akan datang tetap berlangsung.

"Mereka ingin bertarung, mereka ingin bersaing, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membuat mereka tetap aman dan sehat," kata White.

Sebagai permulaan, akhir pekan ini, UFC tetap digelar di Brasilia, Brasil. Namun, menurut perkembangan ada yang menyebutkan, UFC Brasilia digelar tanpa penonton. Lalu UFC Columbus telah dipindahkan ke Las Vegas dan akan diselenggarakan di Apex.

Pertarungan seperti, laga Khabib Nurmagomedov kontra Tony Ferguson di Brooklyn, dalam UFC 249, 18 April 2020, juga akan berjalan terus. Adapun UFC London yang dimainkan oleh Leon Edwards dan Tyron Woodley tetap akan berlangsung dengan penonton seperti yang diharapkan.

Yang terakhir ini tentu saja merupakan keputusan yang dipertanyakan karena sebelumnya Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Namun pria berkepala plontos itu menegaskan sampai sekarang terus berkomunikasi dengan para petarung dan otoritas olahraga profesional di Amerika terkait kelangsungan UFC. Dan White menjamin, keselamatan petarung dan penonton di UFC jadi prioritasnya.

Penulis: Andre Febriansyah