Tony Ferguson dan Kutukan Khabib dalam Meruntuhkan Takhta UFC

Sabtu, 9 Mei 2020 21:56 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Brandon Magnus/Zuffa LLC/Zuffa LLC/Getty Images
Duel UFC antara Tony Ferguson dan Khabib Nurmagomedov terus saja gagal digelar. Copyright: © Brandon Magnus/Zuffa LLC/Zuffa LLC/Getty Images
Duel UFC antara Tony Ferguson dan Khabib Nurmagomedov terus saja gagal digelar.

INDOSPORT.COM – Duel antara Tony Ferguson dan Khabib Nurmagomedov adalah duel UFC yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh pencinta MMA yang ada di penjuru dunia.

Semula duel tersebut sudah hampir terlaksana pada tanggal 18 April lalu. Namun, laga UFC 249 tersebut urung digelar karena pandemi virus corona yang mengancam dunia.

Kemudian, laga tersebut dijadwallkan ulang pada Sabtu depan (09/05/20) dan rencananya akan digelar di VyStar Veterans Memorial Arena, Florida, Amerika Serikat.

Namun meskipun telah dijadwalkan ulang, laga keduanya tetap urung dilaksanakan. Penyebab utamanya adalah Khabib saat ini tengah terisolasi di Rusia akibat imbas virus corona. Praktis, pemilik gelar juara kelas ringan tersebut kembali gagal berduel dengan Ferguson.

Terhitung, telah lima kali rencana Khabib Nurmagomedov dan Tony Ferguson untuk berduel selalu menemui kegagalan. Sejak tahun 2015, rencana pertemuan mereka selalu berujung pada kata batal.

Bahkan, pertarungan dua bintang MMA ini disebut-sebut sebagai laga terkutuk oleh salah satu pengamat UFC kenamaan, Joe Rogan.

Lalu, sebenarnya apa saja yang membuat kedua pegulat penuh daya tarik ini selalu gagal bertemu di oktagon? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar kejadian yang membuat Tony Ferguson selalu menemui kegagalan ketika ingin mencoba meruntuhkan takhta UFC dari Khabib Nurmagomedov.

Oktober 2015

Cedera tulang rusuk yang dialami oleh Khabib membuat rencana pertarungan antara dua bintang di kelas ringan ini harus urung terlaksana. Ini adalah kali pertama rencana duel Khabib vs Ferguson batal dilangsungkan.

April 2016

Kali ini giliran Ferguson yang menjadi penyebab duel ini gagal terlaksana. Saat itu, petarung berusia 36 tahun ini diketahui mengalami gangguan pada paru-parunya.

Maret 2017

Kembali lagi Khabib menjadi penyebab kegagalan rencana duel antara mereka berdua. Petarung muslim tersebut diketahui harus dilarikan ke rumah sakit sebelum laga UFC 209 terlaksana.

April 2018

Lagi-lagi pertarungan antara mereka urung digelar. Sekarang penyebabnya adalah Ferguson yang diharuskan menjalani operasi akibat cedera ligamen yang dia derita.

April 2020

Dua tahun sejak rencana pertarungan terakhir mereka dan ya, rencana ini masih belum bisa terlaksana akibat pandemi virus corona membuat Khabib harus menjalani isolasi di kediamannya, Rusia.

Tampaknya kata terkutuk adalah kata yang paling tepat guna menggambarkan situasi yang terjadi antara Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson.

Lima kali rencana dalam lima tahun dan semuanya harus gagal karena berbagai penyebab tak hanya membuat para pencinta MMA makin menunggu pertemuan mereka, tetapi juga membuat pertarungan ini menjadi yang paling menarik sejagat raya jika berhasil diselenggarakan nantinya.

Ferguson sendiri bukan nama yang asing di dunia MMA. Dirinya telah menceburkan diri di dunia ini sejak tahun 2012 lalu. Terkenal akan kretivitasnya di atas oktagon, Ferguson juga tenar akan kelihaiannya dalam melakoni stand fighting maupun ground fighting.

Sebagai ganti atas kegagalannya menghadapi Khabib Nurmagomedov di UFC 249 akhir pekan nanti, petarung veteran ini akan menghadapi Justin Gaethje dalam perebutan gelar interim kelas ringan.

Jika Ferguson mampu meraih kemenangan dalam duel lawan Gaethje akhir pekan nanti, tak ada alasan lagi baginya untuk tidak bertemu Khabib di oktagon, pertemuan yang akan mengakhiri kutukan mereka jalani selama lima tahun belakangan ini.