Tarung Lawan Kamaru Usman di UFC 251, Jorge Masvidal Nekad?

Rabu, 8 Juli 2020 15:19 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Jorge Masvidal Copyright: © Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Jorge Masvidal

INDOSPORT.COM – Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Jorge Masvidal bisa dibilang nekad saat memutuskan untuk melawan Kamaru Usman di UFC 251, Minggu (12/07/20).

Masvidal secara mengejutkan akan tampil di laga utama melawan Usman di UFC 251, untuk menggantikan posisi Gilbert Burns, yang batal tampil di Pulau Yas, Abu Dhabi lantaran positif terpapar virus corona.

Pertarungan ini akan menjadi duel pertamanya di tahun 2020. Meski demikian, banyak yang menilai keputusannya untuk tampil di UFC Fight Island tergolong nekad.

Pasalnya, dirinya hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri. Pertarung berjuluk ‘Gamebred’ itu juga dianggap tak sehebat Kamaru Usman, yang tengah berada di puncak kariernya dan dijagokan dalam pertarungan UFC 251.

Petarung asal Nigeria itu juga memiliki catatan impresif yakni 16-0-1, di mana sejak bergabung dengan promotor MMA terbesar di dunia pada 2015 ia belum menelan kekalahan. Satu kegagalannya ialah saat tumbang atas Jose Caceres di CFA 11 pada Mei 2013 silam.

Melansir dari laman SCMP, pertarungan di Abu Dhabi juga dianggap penentuan karier bagi Jorge Masvidal. Jika berhasil meraih gelar juara kelas welterweight, maka akan membuat kariernya terus mentereng dan meraih kejayaannya.

Namun jika ia sukses dikalahkan oleh Usman, maka kariernya bisa hancur dan penampilannya hanya tinggal sebuah kenangan saja. Meski demikian, Masvidal masih memegang secercah harapan.

Ia diketahui menjadi petarung peringkat tiga di kelas welterweight UFC. Ia memiliki catatan 35-13-0, dengan meraih tiga kemenangan beruntun sejak Maret 2019, termasuk kemenangannya paling terkenal saat melawan Ben Askren hanya dalam lima detik di UFC 239 pada Juli 2019.

Ia juga berhasil memecahkan rekor saat berduel melawan Kamaru Usman, yakni sukses memecahkan rekor menjadi petarung terlama kedua di UFC yang menerima tawaran pertandingan perebutan gelar juara setelah Alistair Overeem (56 kali).

Jorge Masvidal memiliki catatan 48 kali bertarung untuk memperebutkan gelar juara. Meski tak dijagokan dalam laga tersebut, setidaknya ia masih memiliki catatan impresif yang menjadi harapannya dalam meraih gelar sabuk juara welterweight.