20.9K

Profil Khamzat Chimaev, Petarung Muslim Penerus Khabib Nurmagomedov di UFC

Minggu, 10 April 2022 16:22 WIB
Editor: Juni Adi
© Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Khamzat Chimaev, petarung UFC. Copyright: © Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Khamzat Chimaev, petarung UFC.

INDOSPORT.COM - Nama Khamzat Chimaev tengah naik daun setelah tak terkalahkan dalam 11 pertarungan di UFC

UFA 273 menghadirkan pertarungan seru salah satunya adalah duel Gilbert Burns vs Khamzat Chimaev di kelas welter, pada Minggu (10/04/22) pagi WIB.

Duel yang banyak disorot publik itu berhasil dimenangkan oleh Khamzat Chimaev, dengan kemenangan putusan juri (unanimous decision) dalam pertarungan tiga ronde.

Kemenangan ini membuat rentetan hasil positif Khamzat Chimaev berlanjut. Petarung asal Rusia itu tak terkalahkan dalam 11 pertarungan karier MMA profesionalnya.

Di sisi lain, ini merupakan duel ke-25 bagi Burns dalam karier MMA profesionalnya dan ini adalah kekalahan kelima.

Jalannya Pertandingan

Di awal ronde pertama, Khamzat Chimaev langsung menampilkan permainan agresif. Kombinasi pukulan dan tendangan ia layangkan ke arah Gilbert Burns.

Setelah menunggu beberapa waktu, Khamzat Chimaev akhirnya bisa menjatuhkan Burns. Akan tetapi pria asal Brasil ini tak menyerah dan coba melepaskan diri dari kuncian.

Dan Burn berhasil lepas, lalu langsung melancarkan serangan balik. Ia sempat menendang kaki Khamzat dan bikin goyah, juga memukulnya tepat di wajah.

Serangan demi serangan dilancarkan kedua petarung. Namun keduanya juga masih sangat kuat, sehingga ronde pertama masih berlangsung alot.

Memasuki ronde kedua, giliran Gilbert Burns yang coba melancarkan serangan kepada Khamzat Chimaev tapi gagal.

Chimaev memiliki kekuatan dan pertahanan yang baik untuk tidak dijatuhkan Burns. Namun, ia sempat terpeleset lagi dan Burns menghajar wajah Chimaev. Chimaev mulai berdarah di wajah.

Akan tetapi Khamzat Chimaev tidak tinggal diam, ia juga beberapa kali melayangkan pukulan ke wajah Burn yang membuatnya mulai mengeluarkan darah.

Burns sempat telak memukul kepala Chimaev jelang ronde kedua berakhir. Ketika bel dibunyikan, Chimaev sempat memukul Burns sekali, menjadi kontroversi di duel UFC 273 ini.

Ronde ketiga dimulai. Burns coba memojokkan Chimaev, tetapi Chimaev bertahan dengan baik dan situasi berbalik. Chimaev memukul Burns terus di pojok octagon, Burns bisa melepaskan diri setelahnya. 

Kedua petarung saling berbalas pukulan. Hingga bel dibunyikan, juri memutuskan Khamzat Chimaev adalah pemenangnya. Lantas seperti sosoknya? berikut pforil Khamzat Chimaev di UFC: