In-depth

Mengintip Profil Jesse Butler Calon Lawan Jeka Saragih di Debut UFC November Nanti

Senin, 9 Oktober 2023 19:41 WIB
Editor: Juni Adi
© twitter@ufc
Pertarungan antara Jeka Saragih vs Anshul Jubli di UFC Vegas 68. (Foto: twitter@ufc) Copyright: © twitter@ufc
Pertarungan antara Jeka Saragih vs Anshul Jubli di UFC Vegas 68. (Foto: twitter@ufc)

INDOSPORT.COM - Jeka Saragih akan segera melakoni debutnya bertarung di ajang UFC, namun belum diketahui lawannya siapa. Berikut beberapa yang bisa jadi calon lawannya:

Waktu yang ditunggu-tunggu publik pecinta olahraga seni bela diri campuran (MMA) di Indonesia terkait kapan petarung Jeka Saragih tampil di UFC akhirnya bisa terjawab.

Sebelumnya Jeka Saragih harus melalui perjuangan yang berat untuk bisa menembus panggung UFC lewat program Road to UFC tahun lalu.

Jeka Saragih mampu menembus babak final tapi dikalahkan oleh petarung asal India, Anshul Jubli lewat TKO. Kekalahan itu seharusnya menggagalkan petarung asal Sumatera Utara ini untuk bertarung di UFC.

Namun, Jeka pada akhirnya tetap mendapatkan kontrak UFC berkat kemenangan KO di babak Road to UFC sebelumnya.

Salah satu penampilan menariknya ketika mengalahkan Pawan Maan, petarung asal India lewat pukulan memutar yang mematikan sekaligus menjatuhkan lawannya.

Dengan demikian, jawara One Pride MMA, Jeka Saragih bakal menjadi petarung pertama asal Indonesia yang akan melakoni pertandingan di UFC.

Setelah menunggu lama, aksi Jeka Saragih akhirnya terjadwalkan untuk bertarung di oktagon UFC yakni bulan depan melawan petarung asal Amerika Serikat, Jesse Butler.

Kepastian pertandingan Jeka Saragih itu dibagikan oleh akun Instagram Mola, sebagai official broadcaster UFC di Indonesia. Jeka bakal bertanding di UFC Apex, pada 18 November mendatang.

Di UFC, Jeka Saragih akan berlaga di kelas bulu (65,8 kilogram). Ia memilih turun kelas dari divisi lightweight atau ringan.

"Mungkin pindah kelas ini keputusan bersama dengan tim. Tapi yang pasti, pindah kelas ini sangat menguntungkan. bisa dibilang dari segi postur tubuh, dari jangkauan, banyaklah," kata Jeka kepada rekan media.

"Tapi ada ruginya, satu yaitu saya harus diet ekstra. Karena saya kan turun berat badan kan sangat banyak, makanya dietnya harus panjang. Bisa jadi nanti sekitar 15-20 kilogram."

"Tapi itu sebagian dari perjuangan, kalau mau juara harus berjuang," ujar Jeka Saragih. Lantas seperti apa sosok calon lawannya, berikut profil singkatnya: