Kejurnas Atletik 2014, Jabar Targetkan 7 Emas‏

Kamis, 14 Agustus 2014 13:53 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Daniel Sasongko
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Lintasan lari GOR Rawamangun, Jakarta Timur yang akan jadi venue Kejurnas Atletik 2014 pada 20-23 Agustus mendatang. Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Lintasan lari GOR Rawamangun, Jakarta Timur yang akan jadi venue Kejurnas Atletik 2014 pada 20-23 Agustus mendatang.

Itu adalah penegasan Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Barat.

Sekretaris Umum PASI Jabar, Juke M Satria mengatakan, atlet yang diturunkan merupakan atlet yang Pelatda Jabar senior ditambah beberapa atlet junior potensial Jabar yang prestasinya meningkat.

Untuk atlet senior yang berhak masuk ke dalam kontingen Jabar adalah kategori satu atau tim inti yang berjumlah 60 atlet, yang terbagi 35 putra dan 25 putri. 

Selanjutnya, kontingen Jabar bertambah dengan kategori dua, yang berisikan beberapa atlet junior dan remaja yang akan menggantikan atlet senior yang nantinya berjumlah sekitar 10 atlet. 

Total atlet kontingen Jabar yang disiapkan adalah 70 atlet plus 17 ofisial.

"Persiapan sudah tahap puncak. Yang mana nanti digabung dengan atlet-atlet Pelatda Jabar yang kini sedang berada di Korea Selatan dan akan kembali ke Jabar tanggal 17 Agustus mendatang. Baru 19 Agustusnya kami berangkat ke Jakarta," ucap Juke, saat ditemui INDOSPORT di Gedung KONI Jabar, Pajajaran Bandung, Kamis (14/08/14).

Juke memprediksi, kejurnas nanti akan diwarnai persaingan ketat. Pasalnya, daerah-daerah pemegang kekuatan atletik seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), DKI Jakarta, Jatim, Jateng, dan Jabar sama-sama berambisi menjadi yang terbaik.

Juke optimistis Jabar mampu bersaing dengan daerah-daerah tersebut, terutama NTB dan DKI Jakarta. Target masuk dalam tiga Kejurnas Atletik 2014 adalah sasaran akhir Jabar.

Keyakinan tersebut cukup beralasan. Menurut Juke, saat ini para atlet Jabar berada dalam kondisi prima. 

Atlet-atlet Jabar yang ditargetkan meraih emas pada Kejurnas Atletik 2014 nanti adalah Agus Prayogo pada nomor 10.000 meter dan Hendro untuk 20.000 meter jalan cepat.

Selanjutnya, Dian Kartika bertugas memastikan emas untuk lempar lembing putri, Dudung Suhendi pada nomor lempar martil, Al Quraisy pada nomor lari 3.000 meter halang rintang, Eki Febri pada nomor tolak peluru putri, dan Ika Puspita Dewi pada nomor loncat tinggi putri. Target emas untuk atlet junior Jabar diserahkan kepada Guntur untuk loncat tinggi putra.

"Di atas kertas kansnya cukup besar, minimal PASI Jabar bisa meraih tujuh emas bahkan lebih. Perbedaaanya dengan Kejurnas 2013, beberapa atlet tidak turun di nomornya. Sementara di Kejurnas 2014 ini saya lihat lebih baik," tutur Juke lagi.

Namun, lanjut Juke, untuk meraih juara umum dirasa cukup sulit karena masih harus menembus kekuatan para atlet NTB. “Bukan berarti daerah lain tidak menjadi pesaing, namun saya lihat NTB masih kuat untuk cabor atletik ini," pungkas dia.