Keterlambatan Alat Asian Games Diusut

Rabu, 15 Oktober 2014 19:21 WIB
Editor: Jhon Purba
© RadityaErwiyanto/INDOSPORT
Menpora Roy Suryo. Copyright: © RadityaErwiyanto/INDOSPORT
Menpora Roy Suryo.

Roy Suryo menambahkan pendelegasian tugas sangat dibutuhkan agar kasus ini tidak tenggelam pada pemerintahan mendatang. Jabatan menpora akan pindah dari Roy Suryo seiring pergantian pemerintahan seiring pelantikan presiden pada 20 Oktober 2014.

“Saya sudah menunjuk dua staf karena usia jabatan saya tinggal tiga hingga empat hari lagi. Saya tidak nyaman bila masalah ini tidak tuntas," kata Roy Suryo di Jakarta, Rabu (15/10/14).

Sejumlah cabang olahraga masih mempertanyakan penggantian dana talangan dari pembelian peralatan pertandingan yang seharusnya akan dipakai di Asian Games 2014 yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober 2014.

“Permasalahan ini terjadi karena perusahaan pemenang tender mangkir dari kewajibannya. Meski kesalahan ini disebabkan pihak lain, tapi Kemenpora tetap bertanggung jawab karena tugas mempersiapkan peralatan pertandingan tim nasional ada di Kemenpora," jelas Roy Suryo.

Sejumlah pengurus cabang olahraga mendesak pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan pengadaan barang Asian Games 2014 yang hingga kini belum tuntas.

Desakan keras datang dari cabang renang. Manajer renang Asian Games 2014 mengeluarkan dana sekitar Rp100 juta untuk membeli peralatan pertandingan atas saran dari perusahaan pemenang tender.

1