Richard Sam Bera Jabat Ketua Umum IOA

Jumat, 18 Desember 2015 18:34 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Zainal Hasan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum terpilih Imdonesia Olympians Association (IOA), Richard Sam Bera. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum terpilih Imdonesia Olympians Association (IOA), Richard Sam Bera.

Asosiasi mantan atlet olimpiade Indonesia (Indonesia Olympian Association/IOA) gelar pemilihan ketua umum 2015-2019. Ada tiga nama yang mencalonkan diri sebagai ketua umum, yakni Anton Suseno, Kresna Bayu, dan Richard Sambera.

Richard Sam Bera akhirnya berhasil meraih 15 suara dan mengalahkan Anton Suseno yang memperoleh 13 suara, sedangkan Kresna Bayu mengundurkan diri dari pencalonan.

"Saya ingin menjadikan IOA ini sebagai ujung tombak untuk menyebarkan dan mengaplikasikan nilai-nilai olympian, karena fokus kita bukan untuk pembinaan. Kita juga akan tetap bekerjasama dengan para stakeholder olahraga Indonesia. Selain itu, membantu PB/PP menciptakan atlet handal, khususnya dari segi mental," papar Ketum IOA, Richard Sam Bera kepada rekan media termasuk INDOSPORT.

Richard adalah mantan atlet renang yang mewakili Indonesia di Olimpiade 1988, 1996 dan 2000. Dia merupakan lulusan Arizona State University.

Semasa kuliah, pria kelahiran 19 Desember 1971 itu tergabung dalam anggota tim renang dan berhasil meraih penghargaan All American Divisi I NCAA sebanyak empat kali. 

Resmi menjadi ketua umum, Richard akan segera menyiapkan semua program kerja serta susunan kepengurusan untuk mewujudkan visi dan misinya. Salah satu target yang ingin dicapainya dalam kepengurusan ini adalah menjadikan IOA sebagai asosiasi yang swadaya. Artinya bisa menjalankan organisasinya sendiri tanpa ada pengaruh politik.