Olimpiade Rio de Janeiro

Berkaca Dua Olimpiade Terdahulu, Olimpiade Rio Rawan Doping?

Jumat, 22 Juli 2016 22:07 WIB
Editor: Mitjanna Lotusina Rangkuti
© Internet
Doping Copyright: © Internet
Doping

International Olympic Committee, IOC mengumumkan ada 45 atlet yang telah di tes positif menggunakan substansi terlarang. Dari jumlah itu ada 30 atlet dari Olimpiade Beijing 2008 dan 15 dari Olimpiade London 2012.

Mencatat total 98 nama yang gagal dalam tes doping dari sampel yang diambil ulang dari perhelatan masing-masing di London dan Beijing.

IOC menyatakan dari nama-nama baru ini, 23 atlet dari Olimpiade Beijing yang teruji menggunakan doping adalah peraih medali. Sedangkan dari London, ada sembilan negara di dua cabang olahraga. 

Thomas Bach, Presiden IOC mengatakan bahwa analisa ulang ini membuktikan tingkat keseriusan IOC melawan penggunaan doping.

Sebelumnya, awal minggu ini pengadilan arbitrasi olahraga masih menunda keputusan mengenai kasus doping atlet-atlet Rusia yang akan ikut serta di Olimpiade Rio. 

Dari pengaduan oleh komisi independen pun memberikan informasi bahwa Rusia diduga mendukung para atletnya menggunakan substansi terlarang di Olimpiade Musim Dingin 2014.

Ini membuat desakan asosiasi atletik internasional, IAAF terhadap IOC untuk segera memberi keputusan akhir mengenai nasib penarikan atlet Rusia dari Olimpiade Rio. Hari Minggu 24/07/16 mendatang, anggota dewan IOC akan berunding lagi soal kasus ini.

Mengenai pengungkapan nama-nama dan negara asal 45 atlet hasil analisa ulang ini, IOC akan memberikan pemberitahuan lanjutan. 

Saat ini asosiasi internasional setiap negara sedang diberikan kabar soal kasus ini. Sepertinya akan muncul lebih banyak kabar buruk terkait kasus doping dengan adanya analisa ulang ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%