Kenangan Buruk Serangan 11 September dan Dampaknya untuk Dunia Olahraga

Minggu, 11 September 2016 13:16 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

15 tahun silam tepat pukul 08:46 waktu Amerika Serikat, pesawat Boeing American Airlines dengan tujuan San Francisco ke Los Angeles dibajak oleh teroris. 

Pesawat diarahkan ke Menara Utara World Trade Center (WTC) dan langsung ditabrakan, tak berhenti di situ pesawat lainnya dengan nomor penerbangan 175 kembali ditabrakan ke menara selatan WTC. Korban berjatuhan dan dunia terhenyak. 

Teror tak berhenti disitu, pesawat American Airlines dengan nomor penerbangan 77 dan 93 juga kembali dibajak dan diarahkan ke gedung Pentagon. Amerika Serikat diserang teroris. 

Data menyebutkan ada 2.977 yang jadi korban tewas dan lebih dari 6.000 orang alami luka-luka akibat teror terburuk yang pernah dialami Amerika Serikat. Terlepas dari segala teori konspirasi yang muncul setelah serangan ini, aksi teror ini ternyata berdampak pada olahraga. 

Dampaknya tidak hanya pada olahraga di Amerika Serikat namun juga Irak dan Afganistan, negara yang dituduh George W. Bush, presiden Amerika Serikat saat itu sebagai tempat bersembunyinya dalang teror 11 September, Osama Bin Laden. 

Apa saja dampak bagi dunia olahraga pasca serangan mematikan 11 September 2001? Berikut kisahnya untuk pembaca setia INDOSPORT: 

84