Jelang Asian Games, 20 Negara Lakukan Uji Coba di Jakarta

Rabu, 7 Desember 2016 20:54 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S Dewa Broto menyatakan, test event ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Untuk hal ini, Indonesia berencana mengundang 20 negara.

"Rencananya kami mengundang 20 negara, tapi jika nantinya yang hadir cuma 15 negara, buat Indonesia tidak masalah. Terpenting test event harus dilakukan karena sifatnya wajib," kata Gatot S Dewa Broto.

Nantinya, ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam uji coba ini. 10 cabor tersebut adalah atletik, panahan, basket, bulutangkis, tinju, sepakbola, pencak silat, taekwondo, bola voli, dan angkat besi.

Meski penyelenggaraan Asian Games 2018 akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang, namun test event ini hanya akan berlangsung di Jakarta. Saat ini, sejumlah lokasi pertandingan, terutama di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, masih dalam tahap renovasi. Namun proses renovasi dijadwalkan bakal tuntas sebelum test event digelar.

"Untuk cabang olahraga yang dipertandingan sudah ditetapkan. Saat ini tinggal menunggu pelaksanaan serta kesiapan semua lokasi pertandingan," kata pria yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

"Pada dasarnya semua venue Asian Games 2018 saat diselenggarakannya test event sudah siap, termasuk yang di Palembang. Dalam test event ini tujuan utamanya adalah mencoba semua fasilitas yang ada di komplek GBK," kata Gatot menerangkan.