Critic Sport

Menuju Olahraga Indonesia yang Lebih Baik di 2017

Jumat, 30 Desember 2016 15:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Joko Sedayu
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia merayakan gol Hansamu Yama Pranata. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia merayakan gol Hansamu Yama Pranata.

Ya, tahun 2016 menjadi geliat kebangkitan olahraga Indonesia. Dari kembalinya tradisi emas dari cabang bulutangkis di ajang Olimpiade, serta terbayarnya rasa dahaga masyarakat Indonesia dari cabang sepakbola.

Pertama, berawal dari pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Namun, selain itu Indonesia juga berhasil meraih dua medali perunggu dari Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni dari cabang olahraga angkat besi.

Tak sampai di situ, geliat olahraga juga masih bergema besar di Indonesia. Selepas pesta keberhasilan Owi/Butet yang meraih medali di ajang Olimpiade, Indonesia juga memiliki pesta olahraga. Yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung di Jawa Barat.

Perhelatan PON menandakan tingginya animo masyarakat Indonesia dengan olahraga. Mereka menyambut antusias pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.

Tak puas dengan PON, animo masyrakat Indonesia kembali terbayarkan dengan kembali hadirnya Tim Nasional Indonesia. Selepas tidur panjangnya akibat hukuman dari FIFA, sepakbola Indonesia kembali menunjukkan kebangkitannya.

Kehadiran Timnas Indonesia seakan membayar dahaga para pecinta sepakbola Tanah Air. Tak cukup sampai di situ, meski baru bangkit dari tidur panjangnya, Timnas Indonesia yang baru terbentuk kembali memberikan rasa bangga untuk Indonesia.

Berjuang dengan persiapan seadanya, skuat Garuda berhasil memberikan prestasi di ajang Piala AFF 2016. Meski hanya mempersembahkan posisi runner up, tapi kehadiran Tim Merah Putih kembali membangkitkan aura sepakbola Indonesia.

Namun meski berhasil menorehkan beberapa prestasi, bukan berarti semua itu tidak menemui hambatan. Setidaknya ada beberapah hal yang menjadi ganjalan atau duri kecil di balik kegemilangan prestasi Indonesia di kancah olahraga.

Setidaknya INDOSPORT berhasil menelisik beberapa hal yang menghambat akan prestasi Indonesia. Berikut hasil penelusuran INDOSPORT:

781