3 Intimidasi yang Pernah Menimpa Jurnalis Olahraga

Senin, 19 Juni 2017 21:51 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Tim/Indosport.com
Kekerasan terhadap jurnalis masih terjadi, termasuk di dunia olahraga Indonesia. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Kekerasan terhadap jurnalis masih terjadi, termasuk di dunia olahraga Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jurnalis memiliki pengertian orang yang pekerjaannya mengumpulkan dan menulis berita dalam surat kabar dan sebagainya.

Seiring perkembangan zaman, jurnalis tidak hanya menulis pemberitaan di media cetak saja, namun sudah merambah ke televisi, radio, dan media online berbasis internet.

Baca Juga

Sekilas, banyak orang yang mungkin berpikir jurnalis bukanlah pekerjaan yang berat dan minim resiko. Hanya datang meliput sebuah acara dan menulis, lalu menerima bayaran atau gaji.

Padahal lebih dari itu, pekerjaan sebagai jurnalis tetap memiliki resiko yang tidak kalah dari pekerjaan-pekerjaan lainnya. Dalam proses penulisan sebuah berita, tidak jarang seorang jurnalis mendapat ancaman dan intimidasi dari pihak-pihak tertentu.

© Istimewa
Kekerasan Terhadap Jurnalis. Copyright: IstimewaIntimidasi masih menimpa sejumlah jurnalis olahraga Indonesia.

Sudah banyak kasus intimidasi yang dialami oleh para pewarta mulai dari bidang politik, ekonomi, kriminal, dan tidak terkecuali olahraga.

Berikut INDOSPORT pun coba merangkum sejumlah kejadian intimidasi yang dialami oleh jurnalis dalam dunia olahraga Tanah Air.