Profil Venue Asian Games 2018: Aquatic Center Senayan

Rabu, 1 Agustus 2018 17:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terkini Stadion Aquatic GBK yang telah selesai direnovasi jelang Asian Games 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terkini Stadion Aquatic GBK yang telah selesai direnovasi jelang Asian Games 2018.

INDOSPORT. COM - Aquatic Center Senayan menjadi salah satu venue penting dalam penyelenggaraan Asian Games 2018, khususnya pada olahraga air.

Tidak terasa, kurang dari 17 hari lagi Asian Games 2018 akan segera resmi digelar. Pesta olahraga terbesar di benua Asia ini bakal dibuka pada 18 Agustus mendatang di Jakarta.

Indonesia, sebagai tuan rumah Asian Games 2018, telah mempersiapkan dengan baik segala hal yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Asian Games, khususnya venue

Salah satu venue yang disiapkan dan direnovasi besar-besaran untuk Asian Games 2018 adalah Aquatic Center Senayan.

Aquatic Center Senayan telah ada sejak dibuatnya Gelanggang Olahraga Senayan di tahun 1960 lalu. Menjelang Asian Games 2018 ini, salah satu venue renang terbesar Asia itu mengalami renovasi besar-besaran. 

Pasca renovasi, kolam renang Senayan memang telihat lebih megah dengan balutan cat putih yang menjadi warna utama venue tersebut.

Selain itu, atap yang dipasang terlihat menambah kesan megah ditambah dalam maupun lebar kolam yang kini lebih luas.

Terletak di Gelora Bung Karno Sports Complex, Aquatic Center Senayan (pasca renovasi) secara resmi mulai dipakai awal Desember 2017 lalu dalam ajang Indonesia Open Aquatic Championship. 

Detail Venue dan Fasilitas Penunjang

Saat ini, venue yang biasa dikenal juga dengan sebutan Stadion Akuatik GBK ini memiliki empat kolam. Masing masing kolam memiliki ukuran untuk renang (51,20 m x 25 m x 3 m), Polo Air (50 m x 25 m x 3 m), Loncat Indah (21 m x 25 m x 5 m) dan Pemanasan (20 m x 50 m x 1,4-2 m). 

Stadion ini juga dilengkapi 8.000 kursi penonton plus tribun teleskopik, ruang pers, dan broadcasting. Konsep Stadion Renang GBK adalah sebagian tertutup dan bagian yang lain dibiarkan terbuka bertujuan mencegah terjadinya karat akibat penguapan klorin dari kolam renang.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terkini Stadion Aquatic GBK yang telah selesai direnovasi jelang Asian Games 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTStadion Aquatic GBK yang telah selesai direnovasi jelang Asian Games 2018.

Kolam renang GBK juga sudah mendapat sertifikat dari Federasi Renang Internasional (FINA) di China. Keunggulan akuatik GBK yakni memiliki sistem sky pool atau kolam renang dengan dinding panel-panel baja.

Di Asian Games nanti, venue ini akan digunakan untuk olahraga renang, polo air, loncat indah, dll.

© Kumparan
Aquatic Center Senayan Copyright: KumparanAquatic Center Senayan

Ezra Walian Gagal Bela Timnas U-23

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga, Serta Seputar Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM